Banjir bandang yang baru saja dialami warga Garut mendapat perhatian khusus dari Kagum Group—perusahaan lokal yang menaungi unit usaha property, perhotelan, fashion, transportasi, perbankan, kuliner, dan pendidikan. Wujud kepedulian Kagum Group terhadap warga Garut adalah dengan menggelar program social activity berupa bantuan selimut, matras, pakaian, obat-obatan, beras, alat-alat kebersihan, makanan, dan bahan-bahan bangunan.
Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Chairman dan CEO Kagum Group Henry Husada, yang didampingi Development Project Director Rena Husada dan Kagum Fashion Director Resti Husada. Bantuan Kagum Group langsung diterima oleh Staf Ahli Bupati Garut, H. Suherman, di kantor Pemerintah Kabupaten Garut, hari ini (27/9).
Diungkapkan Henry, “Bantuan yang kami berikan ini adalah wujud kepedulian dan empati kami kepada para korban banjir bandang. Ini sejalan dengan filosofi kami: Sahabat Kagum, Kami Mengasihi Engkau. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban penderitaan mereka.”
Pemilihan jenis barang bantuan, dikatakan Henry, berangkat dari koordinasi yang dilakukan Kagum Group dengan Pemda Garut. “Sebelumnya, kami melakukan koordinasi untuk barang-barang apa saja yang sangat dibutuhkan para korban bencana banjir bandang. Dengan demikian, bantuan dapat tepat sasaran dan langsung dirasakan manfaatnya,” tambah Henry.
Diakuinya, aksi sosial yang dilakukan kepada warga Garut tersebut adalah bagian dari program KSR (Kagum Social Responsibility). Sejatinya, Kagum Group secara berkelanjutan telah melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai pilar. Antara lain, pilar pada pengembangan komunitas lokal, pemberdayaan masyarakat baik pendidikan dan kesehatan, lingkungan hidup, serta di lingkungan internal Kagum Group. “Sejak mendirikan Kagum Group, kami sangat concern pada program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.
Diakui Henry, kepedulian dengan masyarakat dan lingkungan sekitar tak lepas dari peran ayahnya dalam menerapkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak-anaknya. Hal itu juga yang ia terapkan kepada anak-anak dan karyawan Kagum Group.
“Selain bakti sosial membantu korban bencana alam, implementasi CSR juga diwujudkan melalui program beasiswa, kegiatan donor darah, dan sosial keagamaan. Kami mempunyai kewajiban dan tanggung jawab kepada masyarakat karena keberhasilan perusahaan tidak terlepas dari hubungan yang baik dengan masyarakat juga,” yakin Henry.