Bank Mayora Edukasi Literasi Keuangan Melalui RPTRA Kenanga

Pendidikan menjadi salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dipilih Bank Mayora. Salah satu program yang telah digelar secara berkelanjutan oleh Bank Mayora adalah edukasi literasi keuangan di semua segmen masyarakat. Mulai dari segmen anak sekolah setingkat SD hingga SMP lewat roadshow ke sekolah-sekolah di dekat kantor cabang Bank Mayora di seluruh Indonesia, karyawan buruh pabrik, ibu-ibu, hingga kalangan media.

Hari ini (30/5) misalnya, Bank Mayora memutuskan untuk memberikan dukungan sponsorship kepada Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, Cideng, Jakarta. Dipilihnya RPTRA Kenanga yang tahun ini memasuki usia kedua, dikatakan Corporate Communication & Quality Management Division Head Bank Mayora Yoewanty Dirgantoro, lantaran RPTRA tersebut merupakan yang terbaik dan paling aktif dari 184 RPTRA di Jakarta. “Pertimbangan lainnya adalah lokasi RPTRA Kenanga dekat dengan kantor Bank Mayora,” ucapnya.

Melalui kerja sama tersebut, Bank Mayora akan menggelar program edukasi keuangan kepada anak-anak dan ibu-ibu PKK di sana. “Rencananya, kami akan menggelar program literasi keuangan sebulan sekali di RPTRA Kenanga. Misalnya, pada saat pertemuan para pengurus inti dan ibu-ibu anggota RPTRA Kenanga, yang umumnya dihadiri oleh 150 orang,” lanjutnya.

Sebagai langkah awal, pada HUT ke-2 RPTRA Kenanga yang digelar hari ini, Bank Mayora membuka booth. Melalui booth tersebut, Bank Mayora mengedukasi ratusan masyarakat tentang pentingnya menabung, mengedukasi peran dan fungsi bank, mengenal produk perbankan Bank Mayora sebagai solusi keuangan, serta bagaimana mengelola keuangan dengan benar.

Objektif dari program CSR tersebut, dikatakan Yoewanty, untuk meningkatkan indeks literasi keuangan nasional yang selama ini telah digalakkan oleh pemerintah, dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Merujuk Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan kedua yang dilakukan OJK, pada tahun 2016 menunjukkan bahwa Indeks Literasi Keuangan nasional telah mencapai 29,66% dan Indeks Inklusi Keuangan sudah mencapai angka 67,82%.

“Kami berharap kerja sama ini bisa menjadi role model yang dapat diterapkan pihak swasta pada RPTRA lainnya. Oleh karena itu, tahun depan, kami berencana mendukung RPTRA lainnya. Namun, tahun 2017 ini, kami fokus pada RPTRA Kenanga,” tutup Yoewanty, yang menyebutkan bahwa bujet CSR Bank Mayora dalam setahun mencapai 10-15% dari total revenue Bank Mayora.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)