Fast fashion retail pertama di Indonesia, Miniso, menggelar program cause related marketing. Program ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menyisihkan sejumlah persentase tertentu dari pendapatannya sebagai dana konstribusi dan donasi untuk tujuan kegiatan amal (charity activity) tertentu.
Program cause related marketing Miniso adalah dengan berbelanja produk di gerai Miniso, konsumen turut berpartisipasi mendonasikan Rp 500 untuk korban gempa tsunami Palu dan Donggala. Hasilnya, pada Oktober 2018, total donasi yang terkumpul dari 134 gerai Miniso mencapai Rp 123.177.500. Program berlangsung mulai 12-18 Oktober 2018 di 134 gerai Miniso di seluruh Indonesia.
Dijelaskan Vania Damayanti, Brand Manager Miniso Indonesia, “Gempa tsunami Palu dan Donggala yang terjadi 28 September lalu membuat MINISO tergerak melakukan aksi sosial dengan mengajak para konsumen belanja sambil berdonasi untuk membantu meringankan beban serta memberikan harapan bagi saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Aksi sosial ini juga merupakan wujud simpati serta komitmen kepedulian kami."
Pada program ini, Miniso bekerja sama dengan platform penggalangan dana dan berdonasi secara online yang mempunyai reputasi cukup baik, kitabisa.com. Penyerahan donasi Miniso untuk Palu dan Donggala diserahkan Miniso Indonesia melalui Kitabisa.com. penyerahan berlangsung secara simbolis di kantor Miniso baru-baru ini.
Selain donasi yang sudah terkumpul Rp 123.177.500 dari transaksi belanja konsumen di 134 gerai MINISO seluruh Indonesia mulai 12 Oktober sampai 18 Oktober 2018, MINISO juga memberi kesempatan kepada para konsumen yang ingin berdonasi untuk Palu dan Donggala dengan cara yang mudah yaitu melalui platform online https://kitabisa.com/minisoforpalu . Kesempatan berdonasi secara online ini dibuka hingga 31 Oktober 2018.