Sukses digelar di delapan kota--Lampung, Medan, Banjarmasin, Payakumbuh, Sukabumi, Semarang, Denpasar, Pasuruan--pada pertengahan November ini (10/11), Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bersama Asian Soccer Academy (ASA) Foundation kembali menggelar program Coke Kicks 2018 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
Selain menggali bakat para pemain muda, objektif dari program Coke Kicks tahun ini adalah juga untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang diberikan para pelatih kepada talenta sepakbola lokal dalam mengembangkan kemampuan mereka. Di antaranya, melalui sesi train the trainers, player coaching, dan mini competition.
Kegiatan Coke Kicks 2018 kali ini digelar selama dua hari, 10-11 November 2018, di Lapangan sepakbola Pulau Pramuka dengan berbagai rangkaian kegiatan. Pada hari pertama digelar pelatihan untuk 32 orang pelatih muda berbakat. Objektifnya, untuk meningkatkan kompetensi pelatihan mulai dari teknik komunikasi, motivasi, dan penerapan strategi dasar permainan sepak bola. Pada kesempatan itu, para pelatih menerima sertifikat pelatihan dari Asian Soccer Academy (ASA) Foundation. Para pelatih juga berkesempatan melakukan transplantasi terumbu karang secara bersama-sama di Pulau Pramuka. Di hari kedua, para pelatih mendapatkan kesempatan untuk melatih 224 anak yang berusia 12-16 tahun yang terbagi dalam 16 tim sepakbola. Selain itu, panitia Coke Kicks 2018 juga memilih Best Player.
Diungkapkan Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate Affairs Manager Coca-Cola Amatil Indonesia, "Selalu menjadi kebanggaan untuk melihat generasi muda tumbuh dan berkembang dengan potensi dan prestasi yang hebat melalui berbagai inisiatif yang positif. CCAI berkomitmen untuk terus tumbuh bersama para pemangku kepentingan untuk mengembangkan kapabilitas masyarakat untuk membangun komunitas yang mandiri dan berkelanjutan. Sejak tahun 2011 Coke Kicks telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 16.000 anak dan 1.000 pelatih di 763 titik di seluruh Indonesia."
Lebih lanjut ia menjelaskan, sejak tahun 1992, CCAI sebagai perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terkemuka, menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sustainability yang dipandu empat pilar, yakni Environment, Our People, Wellbeing, dan Community.
"Coke Kicks merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh CCAI untuk pilar Community dengan memupuk bakatbakat generasi muda untuk membawa manfaat positif bagi masyarakat Indonesia. Berbagai inisiatif serupa juga telah dilakukan oleh CCAI, utamanya untuk masyarakat yang bersentuhan langsung dengan fasilitas CCAI di seluruh wilayah operasinya. Antara lain, melalui bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi, bantuan infrastruktur, bantuan air bersih melalui Water for Life, serta penanaman pohon di area tangkapan air dan pelatihan masyarakat setempat melalui Coca-Cola Forest," tutupnya.