Demi mendukung Usaha Kecil dan Mikro (UKM) dalam menghadapi situasi krisis akibat pandemi Virus Corona (Covid-19), The Visa Foundation menggelar dua program senilai $210 juta. Donasi tersebut sejalan dengan fokus jangka panjang The Visa Foundation dalam mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan dan pertumbuhan ekonomi inklusif, serta memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat setempat selama pandemi berlangsung.

Diungkapkan Al Kelly, CEO and chairman Visa, “Seiring terus mewabahnya Covid-19, masyarakat semakin terdampak dan sangat membutuhkan bantuan darurat. Sebagai perusahaan global yang menjalankan bisnis secara lokal, kami menyadari pentingnya memberikan bantuan ini. Kami juga berkomitmen terhadap pemulihan jangka panjang dan akan menjajaki berbagai upaya untuk mendorong aktivitas ekonomi, sejalan dengan misi kami dalam memajukan individu, pelaku usaha, dan perekonomian.”

Program pertama senilai $10 juta, lanjutnya, dirancang sebagai bantuan dana darurat untuk mendukung badan-badan amal yang berada di garda depan dalam penanganan wabah Covid-19, seperti di bidang kesehatan masyarakat dan bantuan makanan. Bantuan akan diberikan di lima wilayah geografis di mana Visa beroperasi. Di antaranya, Amerika Utara seperti Amerika Latin dan Karibia, Eropa, Asia Pasifik, Eropa Tengah, Timur Tengah, dan Afrika.

Selanjutnya, di program kedua senilai $200 juta dan berdurasi lima tahun, Visa mendukung UKM di seluruh dunia, dengan fokus mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan. Langkah ini memperluas dukungan jangka panjang dari The Visa Foundation terhadap pelaku UKM secara global. "The Visa Foundation akan menyediakan dana permodalan kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan mitra investasi yang mendukung UKM," tegas Kelly.

Melalui program bantuan terhadap UKM senilai $200 juta, The Visa Foundation akan memberikan $60 juta dalam bentuk hibah kepada LSM yang berdedikasi mendukung pelaku UKM di mana mayoritasnya adalah perempuan di semua wilayah tempat Visa beroperasi. The Visa Foundation juga akan mengalokasikan $140 juta kepada mitra investasi yang mampu memberikan kontribusi sosial maupun finansial bagi UKM.

Dituturkan Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, “Visa Indonesia turut menyampaikan simpati yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Komitmen dari The Visa Foundation ini sejalan dengan misi kami untuk ikut memajukan UKM di Indonesia, serta program literasi keuangan ‘Ibu Berbagi Bijak’ yang berfokus memberikan edukasi terhadap UKM yang dibina perempuan.”

Dia menegaskan, Visa Indonesia akan terus bekerja sama dengan klien, mitra, dan para penunjang bisnis dalam memastikan kelancaran pembayaran digital selama masa krusial pandemi Covid-19. "Bersama, kita akan melalui masa sulit ini sebagai masyarakat dan bangsa yang lebih kuat,” yakin Riko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)