Sebagai salah satu produsen cat lokal terbesar di Indonesia, Avian Brands memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, menurut Deputy Marketing Director Avian Brands Feonaldi Indrawan, Avian Brands memiliki sejumlah program CSR terkait pendidikan lewat "Online Scholarship Competition" maupun destinasi wisata.
"Sebenarnya, progam mengecat rumah di sejumlah kampung sudah kami lakukan. Antara lain, di Pulau Seribu-Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya. Tahun ini, kami melakukan program pengecatan di Kampung Wisata Warna-Warni Teluk Seribu, untuk destinasi wisata baru di Balikpapan," lanjut Feonaldi di sela-sela peresmian Kampung Wisata Warna-Warni Teluk Seribu, hari ini (28/2), di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Dari program tersebut, ia menambahkan, ada 235 rumah dari RT 3, 4, dan 32 yang dicat warna-warni. "Total cat kayu dan besi Avian Brands yang digunakan untuk Kampung Wisata Warna-Warni Teluk Seribu mencapai 5.000 liter. Pengerjaan dilakukan dalam kurun waktu sebulan dengan melibatkan warga sekitar kampung, TNI, maupun pelukis lokal yang melukis mural tiga dimensi," paparnya.
Ditegaskan Feonaldi, melalui program CSR ini, Avian Brands berharap keberadaan Kampung Warna-Warni Teluk Seribu dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Mengingat, di sekitar destinasi wisata tersebut, pemerintah Balikpapan juga menggerakkan UKM (Usaha Kecil Menengah) sekitar untuk membuka booth di sana guna memamerkan sekaligus menjajakan aneka produk khas Balikpapan. Objektifnya, agar UKM Ia pun berharap, warga sekitar dapat merawat keindahan dan kebersihannya.
"Sejatinya, lewat kegiatan CSR ini, Avian Brands menjadi lebih dekat dengan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memberikan nilai lebih kepada Indonesia. Untuk itu, pada masa pengecatan, kami juga menggelar edukasi kepada warga sekitar, khususnya kepala desa, tentang bagaimana seharusnya mengecat yang benar," ujarnya.
Lantaran telah mendukung Kampung Warna-Warni Teluk Seribu, maka Advian Brands diparesiasi oleh pemerintah Balikpapan untuk dapat melakukan branding di kawasan tersebut. Antara lain, branding di area mural tiga dimensi, sebagai lokasi spot berfoto selfie pengunjung--yang diharapkan dapat diposting di social media pengungjung. Termasuk, branding di papan nama destinasi wisata tersebut.
"Ke depan, kami masih akan melanjutkan program yang terkait pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Kemungkinan, kami akan melakukannya di daerah Pulau Jawa. Adapun kriteria destinasi wisata yang kami pilih adalah destinasi yang berpotensi menjadi tujuan favorit wisatawan serta memiliki value yang sama dengan Avian Brands," target Feonaldi.