MIX.co.id - Nestlé Indonesia kembali terlibat dalam Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 melalui serangkaian kegiatan, mulai dari seminar gizi bagi komunitas ibu dan kader, hingga pemberian edukasi mengenai gizi dan kualitas hidup yang baik dengan terlibat dalam pameran pada puncak peringatan Harganas di Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang, pada 4-6 Juli 2023.
Sementara itu, sebagai lembaga yang menjadi koordinator utama dalam upaya penurunan angka stunting nasional, BKKBN telah menjadi mitra strategis PT Nestlé Indonesia sejak tahun 2021 dan berkolaborasi dalam berbagai program unggulan.
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menuturkan, “Hari Keluarga Nasional merupakan momen penting untuk memperkuat ikatan keluarga dan menyuarakan pentingnya kebutuhan gizi terhadap masyarakat Indonesia. Namun, penurunan angka prevalensi stunting di Indonesia harus dilakukan secara holistik, integratif, dan berkualitas sehingga diperlukan adanya kolaborasi dan partisipasi dari lintas sektor, termasuk sektor swasta yaitu PT Nestlé Indonesia. Kami sangat mengapresiasi terhadap kontribusi yang diberikan oleh Nestlé Indonesia guna memberikan intervensi dan pendidikan gizi serta pengembangan masyarakat untuk mengatasi stunting di Indonesia.”
Salah satu wujud komitmen Nestlé Indonesia untuk mendukung terwujudnya keluarga bebas stunting adalah melalui program intervensi gizi dan edukasi yang telah dilakukan melalui Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Agustus-Desember 2022 lalu. Program itu menjangkau 1.200 kader, orang tua, dan ibu hamil yang berpartisipasi dalam sesi peningkatan kapasitas serta melakukan pendampingan kepada 85 anak usia 1-5 tahun.
“Program DASHAT yang sudah kami lakukan ini berhasil menurunkan angka stunting sebanyak 23%, meningkatkan status gizi sebesar 50%, peningkatan pengetahuan gizi ibu, rata-rata kecukupan zat gizi mikro (Kalsium, Zat Besi, dan Zink), dan skor keanekaragaman pangan secara signifikan,” ungkap Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia.
Selain itu, Nestlé Indonesia juga terus berupaya untuk memberikan edukasi pada orang tua melalui program DANCOW FortiGro Aku dan Kau Siap Sekolah (ADKSS) sejak tahun 2016. Program tersebut telah menjangkau lebih dari 530.000 ibu di 3.700 sekolah dan pemukiman, serta menjangkau hingga 100 kota dan kabupaten di Indonesia.
Sebagai perusahaan Good Food, Good Life, lanjutnya, Nestlé...