Libatkan 1.000 Karyawan, PermataBank Kembali Gelar Program CERITA di 50 Kota

MIX.co.id - PermataBank melalui PermataHati CSR kembali menggelar program CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA). Program yang digelar sejak 2016 ini bertujuan untuk memberikan edukasi literasi keuangan kepada siswa usia sekolah, mulai dari tingkat TK/SD/SMP/SMA dan SLB (Sekolah Luar Biasa bagi penyandang disabilitas).

Kali ini, CERITA dihelat serentak di 50 kota di seluruh Indonesia, dengan melibatkan seluruh direksi dan sekitar 1.000 karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteers (EVO) di masing-masing kota. Mereka dilibatkan untuk mengambil peran sebagai penggerak utama kegiatan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 hingga saat ini, CERITA telah menjangkau lebih dari 38.000 penerima manfaat dan 270 sekolah.

Dijelaskan Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank, “Saya dan PermataBank bangga dapat kembali menyelenggarakan program CERITA tahun ini. Ini adalah momentum penting bagi kami untuk memperluas jangkauan literasi keuangan, khususnya bagi generasi muda Indonesia."

Tentunya sebagai pelaku usaha jasa keuangan yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), lanjutnya, PermataBank berkewajiban untuk turut mendukung dan berkontribusi dalam meningkatkan angka edukasi literasi keuangan di Indonesia.

"Program CERITA adalah langkah nyata PermataBank dalam mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada 2024 yang secara konsisten dimotori oleh ribuan employee volunteers kami di berbagai kota. Berbagai kegiatan edukasi keuangan juga telah kami lakukan, baik untuk nasabah maupun masyarakat. Hal ini merupakan komitmen kami untuk dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan," urainya.

Lebih jauh ia menjelaskan, program CERITA juga sejalan dengan tiga pilar utama PermataHati CSR, yaitu education, empowerment, dan enhancement. Dilakukan secara terintegrasi melalui gerakan employee volunteer di seluruh Indonesia, program CERITA berkolaborasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Pemerintah Daerah setempat.

Rangkaian kegiatan edukasi literasi keuangan untuk siswa di 50 kota menggunakan pendekatan edukatif sekaligus menyenangkan bagi seluruh peserta. Para siswa di masing-masing sekolah akan serentak mengikuti kegiatan edukasi keuangan secara tatap muka bersama para EVO dengan menggunakan materi MODul finansiAL (MODAL).

MODAL merupakan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang berisikan pengetahuan dasar keuangan dan perbankan berdasarkan tingkatan pendidikan dan usia para siswa.

Di samping pengajaran literasi keuangan, PermataBank juga memberikan bantuan prasarana sekolah, seperti perbaikan kelas, sarana olahraga, perpustakaan, ataupun fasilitas lain di area sekolah, termasuk alat bantu ajar (kebutuhan ajar online maupun tatap muka).

Ditambahkan Dr. Samto, Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, anak-anak yang diberi uang saku saat bersekolah, harus sudah dibiasakan untuk menyisihkan uang sakunya agar dapat belajar menabung. Orang tua juga memiliki peran untuk memfasilitasi anak-anak dengan rekening pelajar. Menabungnya pun tidak harus banyak, yang terpenting adalah konsisten.

"Saya berharap kegiatan yang dilakukan oleh PermataBank melalui program CERITA dapat menginspirasi kita semua untuk mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Di kota Jakarta, CERITA digelar di SD Budi Wanita Jakarta, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, hadir juga Darwin Wibowo, Direktur Wholesale Banking PermataBank, Sekar Putih Djarot selaku Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan, dan Dr. Samto selaku Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)