CSR

“REVITALISASI GERAI BUBUR BARITO” TEH PUCUK HARUM

The Best Social Marketing

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Mayora Group sebagai pemilik merek Teh Pucuk Harum , market leader produk Ready to DrinkTea Non-Cup Jasmine, menyadari bahwa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dapat mendekatkan Teh Pucuk Harum dengan konsumennya. UMKM yang dimaksud adalah yang memiliki konsumen massal yang menjadi destinasi kuliner seperti Bubur Barito di kawasan Gandaria Tengah, Jakarta Selatan.

Dalam rangka mendekatkan brand Teh Pucuk Harum kepada konsumennya, maka Mayora menggelar program “Revitalisasi Gerai Bubur Barito” pada Desember 2016 hingga April 2017. Kumpulan gerai pedagang kaki lima ini menjadi target utama revitalisasi fisik ini. Adapun secondarytarget-nyaadalah masyarakat pecinta kuliner UMKM terkait, dalam hal ini pelanggan Bubur Barito. Dalam mengeksekusi program ini, Teh Pucuk Harum menggandeng Pemerintah DKI Jakarta.

Program revitalisasi gerai Bubur Barito oleh Teh Pucuk Harum ini dikomunikasikan sekaligus diamplifikasi di media digital, antara lain melalui media sosial Instagram dan Youtube. Pada media sosial ini ditampilkan foto-foto suasana gerai Bubur Barito pasca revitalisasi—dengan warna merah brand color Teh Pucuk Harum yang mendominasi dan branding Teh Pucuk Harum yang menonjol. Pasca revitalisasi ini, gerai Bubur Barito menjadi lebih rapi dan nyaman.

Acara peresmian gerai Bubur Barito hasil revitalisasi ini dihadiri oleh jajaran manajemen Teh Pucuk Harum dan Plt. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Untuk program ini, Teh Pucuk Harum menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility)-nya senilai Rp 700 juta.

Evaluasi program ini menunjukkan bahwa setelah direvitalisasi, UMKM Bubur Barito mengalami peningkatan pengunjung serta omset sebanyak dua kali lipat dibandingkan sebelum direvitalisasi. Bagi Teh Pucuk Harum sendiri, revitaliasi UMKM Bubur Barito juga berdampak signifikan terhadap kinerja mereknya. Yakni, adanya pertumbuhan awareness maupun penjualan Teh Puvuk Harum di gerai Bubur Barito.

Juri Indira Abidin menilai program ini kurang jelas detail eksekusinya, dan bersifat one way (tidak memberdayakan). Namun program ini dinilai unik konsepnya. Sementar ajuri M. Gunawan alif melihat program ini relevan dengan core business Teh Pucuk Harum (Mayora), dan masih diperlukan kesinambungannya. (Dwi)

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

16 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago