Sejak mengusung konsep Takumi—yang dalam bahasa Jepang berarti “ahli”—PT Sharp Electronics Indonesia massif menggelar program bertajuk “Kualitas Takumi”. Program tersebut telah memanfaatkan berbagai channel marketing komunikasi. Mulai dari program aktivasi merek, hingga Corporate Social Responsibility (CSR).
Kampanyekan "Kualitas Takumi", Sharp mengunjungi SD Negeri Sempur Kaler, Bogor, pada awal September ini (8/9), dan mengedukasi anak-anak tentang teknologi dan lingkungan.
Pada aktivasi merek misalnya, Sharp menggelar program “Sharp Kualitas Takumi Roadshow” di empat kota di pulau Jawa—Surabaya, Semarang, Tasikmalaya, dan Bogor—sejak Mei hingga September 2014. Sebelumnya, Sharp juga telah sukses menggelar kegiatan serupa di empat kota di pulau Sumatra, yakni Lampung, Pekanbaru, Medan, dan Padang.
“Pada kesempatan itu, kami menggelar program penjualan menarik, seperti promo diskon, demo masak, dan kegiatan interaktif menarik. Termasuk, menghadirkan Sharp Mobile Service Station di area Bogor,” ujar Bogor Branch Manager PT Sharp Electronics Indonesia Ervan Tanudjaja, yang menyebutkan bahwa produk home appliances masih mendominasi cabang Bogor. Lemari es misalnya, berkontribusi 26,5% terhadap total pendapatan Sharp Bogor. Adapun mesin cuci 25,8%, AUVI CRT TV 18,5%, LED TV 10,6%, dan AC 4,49%.
Melalui program CSR, Sharp telah menggelar program bertajuk “Kualitas Takumi”. Pada program CSR tersebut, Sharp juga menggelar road show ke sejumlah SD di empat kota besar di pulau Jawa. Salah satunya, dengan mengunjungi SD Negeri Sempur Kaler, Bogor pada awal September ini (6/9). Di sana, Sharp melakukan pendidikan sejak dini tentang teknologi dan lingkungan.
“Kegiatan CSR Sharp kali ini memiliki obyektif untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai listrik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, sumber-sumber energi, pengetahuan seputar global warming, serta pelestarian lingkungan dengan cara yang sederhana. Selain itu, kami juga mengedukasi tentang mekanisme kerja produk elektronik sebagai dasar perkembangan teknologi modern. Edukasi kami kemas secara menyenangkan dan mudah dipahami,” ungkap PR & CSR Manager PT Sharp Electronics Indonesia Pandu Setio, yang meyakini bahwa anak-anak adalah future market Sharp.
Pada kesempatan itu, Sharp juga mengedukasi siswa seputar energi baru yang berasal dari sinar matahari, Solar Panel. Sebagai pionir yang memperkenalkan teknologi Solar Panel lewat produk photovoltage Solar Panel, Sharp ingin mengedukasi efesiensi atau saving energy yang dapat dihasilkan dari penggunaan photovoltage Solar Panel Sharp.
"Teknologi Solar Panel sendiri sudah kami gunakan pada kantor kami yang di Karawang,” terang Masahito Matsumura, Brand Strategy Group Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, yang menyebutkan bahwa bujet program CSR Sharp setiap tahunnya mencapai 10-20% terhadap total bujet branding Sharp.