Tiga Dekade Program Mudik Gratis Sido Muncul

Untuk ke-30 kalinya, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. kembali menggelar program Mudik Gratis di tahun ini. Sebagai pionir program Mudik Gratis, Sido Muncul tercatat sebagai perusahaan yang rutin menggelar program tersebut secara berkelanjutan tiap tahunnya, sejak tahun 1991 lalu.

 

Dijelaskan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, “Tahun 2019 ini, kami akan memberangkatkan 12.000 pemudik dengan menggunakan 189 bus. Sebanyak 114 bus diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, pada akhir Mei. Sedangkan bus lainnya, akan diberangkatkan dari Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung.”

 

Diakui Irwan, program Mudik Gratis kali ini memang lebih sedikit diikuti oleh para pemudik jika dibandingkan tahun lalu. Sebab, sudah semakin banyak perusahaan di Indonesia yang telah menggelar program serupa. Ia mencontohkan, tahun ini, ada lebih dari 150 program mudik gratis juga digelar oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Selain itu, ekonomi para pedagang jamu, yang notabene pemudik yang mengikuti program Mudik Gratis Sido Muncul, sudah makin membaik,” tutur Irwan.

 

Program Mudik Gratis yang digagas Jonatha Sofjan Hidajat selaku Komisaris Utama Sido Muncul, dipaparkan Irwan, awalnya digelar dengan konsep sederhana pada tiga tahun pertama, 1991-1993. Mulai tahun 2014 hingga sekarang, Sido Muncul melakukan inovasi dengan mengemasnya secara terkonsep. Antara lain, mengemas aktivasi mereknya secara fun lewat aneka hiburan dan mendatangkan para model iklan Sido Muncul, hingga memanfaatkannya sebagai branding produk-produk Sido Muncul.

 

Keberangkatan para pemudik di program Mudik Gratis Sido Muncul ke-30 yang digelar pada hari ini (30/5), dilepas oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri, Kapolri Jendral Polisi Muhammad Tito Karnavian, Direktur Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan M.R. Karliansyah, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo, Walikota Jakarta Timur M. Anwar, Keluarga Hatta, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, dan jajaran direksi Sido Muncul.   

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)