MIX.co.id - PT Heinz ABC Indonesia (Kraft Heinz Indonesia) melalui Kraft Heinz Food Service Indonesia menggelar inisiatif JERRYGREEN. Melalui inisiatif tersebut, Kraft Heinz Food Service mengajak sekaligus memfasilitasi para pelaku industri HORECA (Hotel, Restoran, Cafe) untuk meningkatkan pengelolaan kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai untuk di daur ulang. Inisiatif ini juga mendukung terlaksananya praktik ekonomi sirkular yang optimal.
Dalam mewujudkan inisiatif JERRYGREEN, Kraft Heinz Food Service berkolaborasi dengan Waste4Change, perusahaan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Selain itu, Kraft Heinz Food Service juga menggandeng 12 mitra hotel dan restoran serta 2 distributor yang tersebar di area Jakarta.
Inisiatif “JERRYGREEN” akan berlangsung selama 12 bulan ke depan dan diharapkan dapat mengumpulkan setidaknya 5.000 kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai dari produk-produk Heinz ABC untuk didaur ulang.
Dipaparkan Steven Debrabandere, Managing Director Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea, “Dengan membawa misi Let’s Make Life Delicious, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan menghadirkan dampak positif di manapun kami beroperasi. Melalui inisiatif JERRYGREEN, kami kembali memperkuat komitmen ini serta melibatkan para mitra bisnis kami untuk bersama-sama membangun sinergi positif bagi lingkungan."
Dia berharap, inisiatif tersebut dapat menjadi awal yang baik dan dapat menginsipirasi terciptanya gerakan yang lebih besar serta melibatkan lebih banyak pelaku industri perhotelan, restoran, dan cafe di Indonesia.
Inisiatif JERRYGREEN akan difokuskan pada upaya peningkatan pengumpulan (collection) kemasan jerigen dari produk-produk Heinz ABC yang digunakan oleh para pelaku industri HORECA untuk didaur ulang (recycle).
Saat ini, sebagai tahap awal, mitra hotel dan restoran yang telah berpartisipasi adalah Aloft South Jakarta, Aloft Wahid Hasyim, The Mayflower Mariott Executive Apartment, Le Meridien Jakarta, JW Mariott Jakarta, Four Points by Sheraton Thamrin, Ritz-Carlton Mega Kuningan, The Westin Jakarta, Aryaduta Suites Semanggi, Aryaduta Lippo Village, Doner Kebab, dan Abuba Steak.
Diimbuhkan Joanna Sudharta, Head of Kraft Heinz Food Service Indonesia, “Kraft Heinz Food Service Indonesia hadir untuk mengembangkan industri HORECA di Indonesia dan menjadi mitra terpercaya bagi para chef dan pemilik bisnis kuliner, dengan menyediakan berbagai saus dan produk pillihan terbaik dari brand ABC dan brand Heinz, untuk mendukung kreativitas terbaik di dapur.
"Kali ini, melalui inisiatif JERRYGREEN, kami memperluas peran kami untuk berkolaborasi dalam pengelolaan kemasan yang bertanggung jawab menuju lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. Apresiasi kami berikan kepada semua mitra yang sudah bergabung di tahap awal program. Kami juga terus mengundang mitra-mitra kami lainnya untuk bersama-sama menghadirkan dampak positif bagi bisnis yang berkelanjutan dan lingkungan," urainya.
Dalam proses pengumpulan kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai ini, Kraft Heinz Food Service juga melibatkan dua mitra distributor, yakni Cahaya Inti Putra Sejahtera dan Kartika Distrindo.
Kemasan yang terkumpul kemudian akan diambil oleh pihak Waste4Change secara berkala untuk selanjutnya diproses di Rumah Pemulihan Material mereka. Setelah melalui proses pembersihan dan pemotongan, kemasan ini akan disalurkan kepada mitra pendaur ulang plastik HDPE, PT Elite Recycling Indonesia (PT ERI), untuk kemudian diproses menjadi bahan baku daur ulang produk selanjutnya.
"Pemilihan mitra pendau ulang ini mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya kapasitas teknologi daur ulang yang mumpuni untuk menjaga kualitas material tetap baik, serta proses yang dilakukan secara terstandarisasi dan bertanggung jawab," ujar Joanna.
Bijaksana Junerosano, CEO Waste4Change, menambahkan, “Industri makanan minuman serta pelaku bisnis kuliner seperti hotel dan restoran berperan penting dalam rantai pengelolaan kemasan. Tidak hanya itu, saat ini kita melihat adanya tren dari konsumen yang semakin menghargai perusahaan yang mendukung pengelolaan sampah berkelanjutan."
Sebagai perusahaan penyedia jasa pengelolaan sampah dari hulu ke hilir, lanjutnya, Waste4Change mendorong partisipasi berbagai pihak dalam menyukseskan visi Indonesia Bersih Sampah 2025. "Kami berharap langkah ini dapat semakin mengedukasi masyarakat, para pengusaha kuliner, dan pelaku industri tentang pentingnya mengelola sampah dengan bertanggung jawab," harap Bijaksana.
Mewakili para mitra HORECA yang berparisipasi, Lily Wijaya, General Manager of Aloft South Jakarta and the Co-Chair of Marriott Business Council Indonesia, mengungkapkan, “Marriott Business Council Jakarta bangga menjadi bagian dari program ini. Inisiatif ini merefleksikan portofolio hotel di Marriott Bonvoy Indonesia untuk berupaya mengurangi collective carbon footprint yang merupakan bagian dari sustainability goals 2025 kami. Dengan mendaur ulang kemasan jerigen bekas pakai, kami berharap dapat turut memberikan pengaruh yang lebih besar untuk strategi sustainability dari Marriott.”