Dukung Pelaku UMKM Perempuan Tingkatkan Bisnis, P&G Hadirkan Program ANJANI

MIX.co.id - Studi yang dirilis Kementerian Keuangan menyebutkan, pada segmen UMKM, 53,76%-nya didominasi oleh perempuan dengan kontribusi sebesar 61% terhadap perekonomian Indonesia. Jika lebih dari separuh UMKM dimiliki oleh perempuan, maka terdapat potensi yang dapat digali dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi mereka.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh perempuan dalam mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Beberapa hal kerap kali menjadi hambatan, antara lain tersedianya sarana pelatihan dan akses terhadap kerja sama jangka panjang.

Berangkat dari hal itu, Procter & Gamble (P&G) berkolaborasi dengan WEConnect International kembali menyalakan semangat serta menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung keberagaman, inklusi, serta kesetaraan gender melalui program "ANJANI - Pelaku Usaha Perempuan #RaihSuksesmu", yang merupakan episode kedua dari ANJANI yang sebelumnya telah dihadirkan pada tahun 2020.

LV Vaidyanathan, Presiden Director P&G Indonesia, mengungkapkan, “Di P&G, Kesetaraan dan Inklusi merupakan bagian fundamental. P&G percaya bahwa mendukung pengusaha perempuan sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Indonesia. Begitulah cara kami mengembangkan merek-merek terkemuka di pasar dan bagaimana kami memimpin industri dan komunitas kami."

Melalui ANJANI, lanjutnya, P&G akan terus berupaya meningkatkan kesetaraan gender guna membangun perekonomian cerdas. "Kami percaya melalui ANJANI, P&G dapat memperkuat kemampuan mereka, mengembangkan bisnis yang mereka miliki, serta menghasilkan dampak yang semakin luas bagi komunitas. Hal ini sejalan dengan misi kami di P&G Indonesia untuk selalu menjadi force for good, force for growth," terangnya.

ANJANI akan menyediakan tempat bagi pengusaha wanita untuk terhubung dan membantu mereka melalui serangkaian bimbingan dan pengembangan yang dirancang khusus untuk wanita, termasuk aneka topik seperti strategi pertumbuhan bisnis, pembangunan merek, keterampilan kepemimpinan, sumber daya manusia, dan pengadaan dengan para ahli dari internal dan eksternal P&G.

Berkolaborasi dengan WEConnect International, P&G berkomitmen untuk memastikan bisnis milik wanita menjadi bagian yang berkembang dari ekosistem mitra eksternal perusahan. Selain itu, selaras dengan P&G Women Entrepreneurs Academy yang telah diluncurkan di berbagai negara dimana P&G beroperasi, ANJANI akan memainkan peran penting dalam menerjemahkan praktik terbaik P&G secara global ke dalam kebutuhan dan tantangan lokal.

Bahkan, P&G juga berkomitmen untuk membuka jendela peluang kerja sama dan menjadikan para pengusaha wanita sebagai mitra pihak ketiga. Hal ini sejalan dengan apa yang telah P&G nyatakan melalui komitmen #WeSeeEqual tahun lalu, di mana P&G berkomitmen untuk menghabiskan total kumulatif $200 juta dengan sengaja bekerja sama dengan bisnis milik wanita di seluruh kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika pada tahun 2025 mendatang.

Mrinalini Venkatachalam, Regional Director Southeast Asia and Oceania WEConnect International, menambahkan, “Kami senang sekali dan antusias bisa dapat terus bermitra bersama P&G. Memiliki tujuan jangka panjang yang sejalan, kemitraan ini diharapkan dapat terus menjadi upaya dalam menghapus kesenjangan gender dan ekonomi wanita di Indonesia.

Program ini juga menjadi wujud nyata dan komitmen tegas P&G Indonesia dalam menyuarakan keberagaman dan inklusi, serta kesetaraan gender. "Hal ini dibuktikan selama bermitra bersama WEDP P&G dan WEConnect International, ada lebih dari 300 wanita di 14 negara di Indonesia, Singapura, Jepang, India, UAE, dan lainbya telah terbantu melalui program ANJANI," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)