Dukung Talenta Digital di Indonesia, Indosat Ooredoo Kembali Gelar "IDCamp 2020"

Sukses menggelar program IDCamp pertama di tahun 2019 lalu, tahun ini Indosat Ooredoo kembali menggelar sekuelnya. Digelar pada Maret 2020 lalu, Indosat Ooredoo berhasil menjaring 46 ribu peserta di program beasiswa belajar coding online tersebut. Padahal, di awal, Indosat Ooredoo hanya menargetkan 26 ribu peserta.

Animo peserta sebenarnya tidak hanya terjadi di tahun ini. Pada perhelatan perdananya di tahun lalu, jumlah peserta juga melampaui target. Dari 10 ribu peserta yang dipatok di awal, IDCamp 2019 berhasil menjaring 26 ribu peserta.

Dijelaskan President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, “Kami sangat bangga atas besarnya antusias generasi muda Indonesia untuk menguasai dan meningkatkan coding untuk kemampuan programming. Program IDCamp secara konsisten membantu kami terhubung dengan talenta digital dengan cara yang bermakna. Objektif dari program IDCamp adalah untuk membantu kesiapan developer muda di masa tingginya permintaan talenta digital."

Senada dengan Ahmad Al-Neama, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo Arief Musta'in juga mengatakan bahwa saat ini justru perusahaan sangat membutuhan talenta digital untuk pengembangan bisnis, termasuk Indosat Ooredoo. "Apalagi, terkait inovasi teknologi, talenta digital jelas sangat dibutuhkan," ucapnya di sela-sela Virtual Graduation Day IDCamp 2019 yang digelar hari ini (18/6).

Ditambahkan Narenda Wicaksono, Founder & CEO Dicoding Indonesia, agar mampu menjadi talenta digital yang handal dan mampu bersaing dengan talenta digital dari luar, jam terbang mrnjadi kunci utama. "Tentu saja, untuk mendapatkan jam terbang, dibutuhkan skill. Kemampuan berbahasa Inggris juga dibutuhkan. Sayangnya, anak muda Indonesia kurang memiliki kemampuan literasi alias malas membaca. Padahal, literasi sangat dibutuhkan," ujarnya.

IDCamp 2019 Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2019 telah berakhir pada Februari 2020 lalu. Lantaran pandemi Covid-19, perayaan kelulusan peserta pun harus mengalami penyesuaian. Tanpa mengurangi nilai dari proses yang telah dijalankan para peserta, hari ini (18/6) Indosat Ooredoo menyelenggarakan acara Hari Kelulusan bagi developer muda Indonesia yang mengikuti IDCamp 2019 secara virtual.

Acara kelulusan ini menampilkan 10 lulusan terbaik yang menerima sertifikat khusus dari Indosat Ooredoo, yang disaksikan oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Dipaparkan Arief, sejak diluncurkan pada Agustus 2019, peserta seri pertama IDCamp mendapat kesempatan bekerja, dengan menyediakan beasiswa belajar coding online bersertifikasi global di 3 kelas pemrograman komputer yang paling popular, yaitu Android Developer, Kotlin Developer, dan Progressive Web Apps Developer.

Peserta diberi waktu hingga Februari 2020 untuk menyelesaikan semua modul belajar dan proyek tugas akhir tanpa diperbolehkan meniru kode pemrograman milik developer lain. "Dari 26 ribu peserta, terpilihlah 5.268 developer muda Indonesia yang mendapatkan sertifikat IDCamp, dimana 4.737 di antaranya mendapat sertifikat level beginner dan 531 mendapat sertifikat level expert," lanjutnya.

IDCamp 2019 didominasi oleh kelompok usia 16-21 tahun sebanyak 64% dari total peserta. Kelas yang paling banyak diikuti adalah Android Developer dengan 48%, Progressive Web Apps 36%, dan Kotlin 16%. Jumlah peserta perempuan tercatat sebanyak 22%, dimana ini cukup tinggi bagi dunia digital yang biasanya lebih diminati oleh laki-laki. Terdapat sekitar 2% peserta dengan disabilitas, yang menandakan bahwa digital bersifat inklusif.

IDCamp 2019 juga telah menyelesaikan roadshow di 20 kota besar di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 20 universitas terkemuka dan 20 komunitas developer dengan total peserta yang menghadiri sekitar 6.100 orang. Selain memberikan beasiswa belajar coding online bersertifikasi global, IDCamp juga menyelenggarakan HackData pada Oktober 2019 lalu yang diikuti oleh 600 peserta. Termasuk, pendampingan bagi peserta dengan disabilitas bersama komunitas Wonder Koding pada Desember lalu di Bogor.

"Pada penyelenggaraan IDCamp kedua pada Maret 2020 lalu, Indosat Ooredo memberikan tambahan materi belajar yang baru, yakni Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, dan Machine Learning Developer," pungkas Arief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)