Dukung Wirausaha Sosial, DBS Foundation Salurkan Dana Hibah SDG 3 Juta

Tahun ini, DBS Foundation Social Enterprise Grant Programme akan menyalurkan dana hibah hingga SGD 3 juta atau sekitar Rp 32 miliar. Dana hibah ini untuk mendukung dan  menumbuh-kembangkan kewirausahaan sosial.

Dituturkan Karen Ngui, Group Head DBS Strategic Marketing and Communications dan Board Member DBS Foundation, wirausaha sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian seraya mengatasi kesenjangan sosial utama pada tingkat sistemik.

"Dengan jumlah hibah yang lebih besar di tahun ini, yakni lebih dua kali lipat jika  dibandingkan tahun sebelumnya, kami berharap dapat mendukung lebih banyak wirausaha sosial di kawasan pada masa yang penuh tantangan ini, saat mereka membuat kemajuan lebih besar dalam memberikan dampak dan menggerakkan perubahan secara menyeluruh.”

DBS Foundation SE Grant Programme yang telah berlangsung selama tujuh tahun, kini dirancang untuk menumbuhkan wirausaha sosial pemula, yakni bisnis yang berdampak sosial, yaitu menghasilkan keuntungan dan memberikan dampak positif. Selain memberikan hibah masing-masing SGD 50.000 hingga SGD 250.000, wirausaha terpilih yang berasal dari negara-negara utama di mana Bank DBS beroperasi (Singapura, Hongkong, Taiwan, Tiongkok, India, dan Indonesia) akan mendapatkan manfaat dari serangkaian langkah dukungan holistik dari Bank DBS dan DBS Foundation.

Dukungan yang diberikan antara lain, program peningkatan kapasitas, jaringan, dan peluang pemberitaan. Manfaat ini juga mencakup akses ke komunitas wirausaha sosial DBS Foundation untuk potensi sinergi dengan ekosistem yang lebih luas, seperti pembelajaran sesama rekan wirausaha dan kerja sama lintas wirausaha sosial.

Program hibah tahun ini terbuka untuk wirausaha sosial yang memiliki model bisnis yang tervalidasi pasar dan rencana terstruktur untuk meraih keuntungan dan menciptakan dampak positif.

Mengingat sampah makanan menjadi penyumbang besar emisi gas rumah kaca, ia melanjutkan, DBS Foundation SE Grant Programme juga membuat program "Towards Zero Food Waste" untuk wirausaha sosial yang bekerja dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan membantu menghentikan perubahan iklim dengan menangani masalah sampah makanan.

"Towards Zero Food Waste yang diluncurkan pada tahun lalu, berupaya untuk mendukung bisnis berdampak sosial untuk mengatasi masalah terkait, seperti, sampah pangan dan kesenjangan dalam rantai pasokan pangan.

Untuk pertama kalinya, program hibah tahun ini akan menampilkan trek 'berdasarkan undangan' eksklusif, di mana wirausaha sosial terpilih dari negara utama di mana Bank DBS beroperasi di kawasan Asia akan diundang secara khusus untuk mengikuti DBS Foundation SE Grant Programme," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)