MIX.co.id - Studi yang dirilis The National Plastic Action Partnership (NPAP) mengungkapkan bahwa saat ini, ada 4,8 juta ton per tahun sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik, seperti dibakar di ruang terbuka (48%), tidak dikelola secara layak di tempat pembuangan sampah resmi (13%), dan sisanya mencemari saluran air dan laut (9%).
Menyikapi fakta itu, Rinso, brand dari PT Unilever Indonesia, Tbk., berkolaborasi dengan Anteraja untuk mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik. Generasi ini diharapkan menjadi generasi yang lebih peduli lingkungan dan bijak menangani kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik.
Melalui kerja sama antara Rinso dan Anteraja, Unilever ingin memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah mereka pilah ke Bank Sampah, tanpa adanya pungutan biaya.
Dituturkan Erfan Hidayat, Head of Fabric Care Unilever Indonesia, “Sebagai brand yang telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama puluhan tahun, Rinso memiliki tujuan mulia untuk membantu orang tua agar anak-anak dapat bermain di luar ruangan tanpa takut kotor. Namun permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, kerap kali membuat alam tempat bermain anak menjadi tidak nyaman.”
Untuk itu, sejalan dengan salah satu strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu membangun planet yang lebih lestari, Rinso terus mengajak masyarakat menjaga alam Indonesia agar bersih dan tidak tercemari sampah. Unilever juga mendorong para orang tua agar mengedukasi anak sedari dini untuk berbuat kebaikan tanpa takut kotor.
“Kali ini, Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan,” imbuhnya.
Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja, mengatakan, “Sebagai jasa pengiriman online dengan nilai SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah), Anteraja selalu berupaya memberikan kebahagiaan bagi semua orang. Kami percaya bahwa bumi yang lestari akan membawa banyak kebahagiaan, dan berupaya mewujudkan hal tersebut melalui banyak cara. Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, bersama Rinso kami ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah.”
Layanan jemput antar sampah kerja sama Rinso dan Anteraja dapat diakses dengan mengisi formulir di situs rinsogenerasiplastik.com. Adapun program jemput sampah gratis mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara). Program jemput sampah gratis ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.
Selain konsisten mengedukasi dan mengajak masyarakat mengelola sampah plastik, Rinso juga telah melakukan berbagai terobosan untuk lebih bijak plastik. Antara lain, Less plastic:, dengan mengurangi penggunaan plastik hingga 17% selama 2018-2021; Better plastic:, yakni menggunakan kemasan botol 100% plastik hasil daur ulang dan dapat didaur ulang serta meluncurkan kemasan pouch hasil daur ulang pertama di Indonesia; hingga No plastic:, yang menginisiasi penjualan Rinso dengan sistem refill di Saruga Bintaro sejak 2020 dan QYOS di Apartemen Kalibata City dan Pasar Modern BSD. Selain itu, Rinso juga telah menggunakan bahan pembersih yang berasal dari alam.
Sementara itu, seiring jumlah sampah nasional yang terus meningkat, yakni mencapai 68,5 juta ton per 2021, pemerintah Indonesia menetapkan target kapasitas pengelolaan sampah 100% hingga 2025 melalui sejumlah langkah strategis. Pertama, mengurangi sampah plastik yang terbuang ke laut hingga 70%. Kedua, menurunkan indeks ketidak pedulian terhadap persoalan sampah. Ketiga, meningkatkan kesadaran masyarakat memilah sampah hingga