Gandeng IPB University, Danone Gelar Program Padat Karya Taman Kehati

Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia menggelar kegiatan pemberdayaan mahasiswa dan masyarakat melalui program Padat Karya Taman Kehati Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi dalam penanggulangan dampak pandemi di Indonesia.

“Melalui Program Padat Karya di Taman Kehati, kami melakukan pemberdayaan mahasiswa dan masyarakat yang fokus kepada pembangunan infrastuktur dan kegiatan perawatan yang mengikuti protokol kesehatan yang berlaku,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima redaksi di Jakarta, Rabu (3/6).

Selain menyerap tenaga kerja dan memberikan manfaat langsung berupa pemasukan yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, imbuh Vera, Taman Kehati juga bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman hayati dan mendukung pengadaan air bersih untuk warga kampus.

Program padat karya di Taman Kehati IPB yang telah berlangsung sejak 5-22 Mei 2020 secara aktif melibatkan 4 mahasiswa dan alumni yang tidak bisa kembali ke kampung halaman  serta 5 warga sekitar yang kehilangan pendapatan karena minimnya aktivitas ekonomi.

Seluruh pihak yang terlibat melakukan inventarisasi pohon, pembersihan area, hingga perencanaan penyusunan grand design. Program ini menggunakan pendekatan cash for work sehingga pihak yang terlibat dapat langung menerima manfaat melalui uang tunai.

Rektor IPB University,  Arif Satria,  mengapresiasi inovasi pada program keberlanjutan di area Kampus IPB. “Kami dukung karena sejalan dengan program tridarma perguruan tinggi dan membantu mewujudkan program Green Campus 2020. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan padat karya sangat membantu mereka yang terimbas pandemi COVID-19,” terangnya.

Sementara Apen, warga sekitar, mengaku kini dapat menghidupi keluarga lantaran  ikut program padat karya.  “Sebelumnya, saya adalah tukang ojek di sekitar kampus. Saya kehilangan mata pencaharian karena kampus IPB ditutup dan mahasiswa tidak berkegiatan lagi di area kampus,” tuturnya.

Kerjasama Danone SN Indonesia, IPB University, dan mitra Jauhar melalui Program Taman Kehati dimulai sejak bulan April 2020 fokus kepada kegiatan pelestarian dan pengayaan keanekaragaman hayati pada lahan terbuka hijau seluas 8,65 Ha di Kampus IPB University Dramaga.

Taman Kehati akan ditanami berbagai jenis tumbuhan, difungsikan sebagai laboratorium tanaman lokal dan langka, sentra penelitian biodiversitas oleh civitas akademik IPB,dan masyarakat luas di sekitar kampus. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)