Gelar Kampanye “Kita Siap BERSAMA”, Kalbe Lakukan Edukasi dan Donasi

MIX.co.id - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Consumer Health menggelar edukasi kesehatan terkait gangguan penyakit di tengah musim hujan.


Edukasi ini dihadirkan karena curah hujan yang tinggi dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir. Sementara itu, banjir berdampak bagi kesehatan, termasuk penyakit diare dan Infeksi kulit.

“Penyakit diare dan infeksi kulit merupakan dua penyakit yang sering kali menjadi ancaman saat terjadi bencana banjir. Pentingnya menjaga kesehatan dapat membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit saat banjir,” ungkap Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Ulul Albab, Sp.OG, dalam konferensi pers Kita Siap BERSAMA oleh Kalbe Farma.

Saat terjadi banjir, dampaknya tidak sedikit. Antara lain, dampak kesehatan, sosial, hingga lingkungan. Oleh karena itu, selain melakukan edukasi kesehatan, Kalbe juga memberikan donasi kebutuhan pokok, pemeriksaan kesehatan, dan bantuan obat-obatan untuk 10.000 kepala keluarga pengungsi korban banjir, di berbagai titik bencana di Indonesia. Total donasi mencapai lebih dari Rp 1.000.000.000.

Diungkapkan General Manager Commercial Kalbe Consumer Health Kustanto Pramono, “Kalbe Farma konsisten berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Selama tahun 2021, Kalbe Consumer Health telah berdonasi untuk korban bencana banjir di Tasikmalaya, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, banjir bandang di Sumedang, serta berbagai titik banjir lainnya."

Kalbe bersama IDI juga memberikan donasi berupa pembangunan MCK umum di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

“Kami sangat mendukung upaya Kalbe dalam program #KitaSiap BERSAMA. PSM berkontribusi dalam pemberikan informasi lokasi korban banjir, penyaluran bantuan dari Kalbe, serta informasi pasca penyaluran bantuan. Pemberian donasi dari Kalbe pun berjalan dengan proses yang cepat,” kata Sekretaris Jenderal Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Prof. Dr. Andriansyah, M.Si.

Rangkaian CSR Kalbe berupa edukasi dan bantuan kepada korban banjir tersebut dikemas melalui kampanye “Kita Siap BERSAMA”, yang berarti Siap BERsihkan tubuh, Sedia obat-obatan, Air bersih, dan MAkanan. Ini merupakan rangkaian kegiatan komprehensif dari pra-bencana, saat bencana, maupun pasca-bencana.

Pada fase pra-bencana, Kalbe Consumer Health bersama IDI dan BMKG melakukan edukasi. Di antaranya, mengenai potensi ancaman bencana banjir, potensi ancaman kesehatan jika terjadi banjir, dan tips agar tetap menjaga kesehatan saat banjir.

Selanjutnya, pada fase bencana dilakukan jika terjadi bencana dengan skala yang cukup serius atau pengungsi lebih dari 100 Kepala keluarga. Pada fase ini, Kalbe Consumer Health bersama PSM memberikan bahan pokok dan air bersih, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bantuan obat-obatan kepada korban, termasuk Entrostop sebagai obat anti diare dan Kalpanax sebagai produk antifungal.

Pada fase pasca-bencana, Kalbe membantu pemulihan aktivitas masyarakat dengan mengerakkan kegiatan membersihkan fasilitas umum saat banjir mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)