Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Libatkan 133 Dapur Komunitas Ibu  

MIX.co.id - Tahun ini, PT Heinz ABC Indonesia kembali menghadirkan program kemanusiaan Ramadan-nya yang ikonik. Kali ini, ABC berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan gerakan kemanusiaan berbasis komunitas, #ABCDapurBersamaIbu, yang digelar di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

Mira Buanawati, General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea, dalam konferensi pers yang digelar hari ini (19/3), di Jakarta, menerangkan, ABC berkomitmen untuk senantiasa menemani keluarga Indonesia di setiap hangatnya momen Ramadhan. “Kami senantiasa menghadirkan berbagai program yang mengusung nilai kebaikan dan kebersamaan,” ucapnya.

Sebelumnya, tahun 2020, ABC mengusung tema Covid-19 dan lansia. Tahun 2021, tema yang diusung adalah natural disaster. Selanjutnya, tahun 2022, tema yang diusung adalah berbagi dengan pemulung. “Tahun 2023 ini, kami mengusung tema ibu. Melalui program ini, kami ingin menyampaikan pesan tentang dampak yang dihasilkan dari kasih ibu,” lanjutnya.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu membawa misi untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan. Dalam pelaksanaannya, #ABCDapurBersamaIbu akan melibatkan 133 dapur komunitas ibu (mom’s community kitchen) serta lebih dari 800 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung. Mereka akan menyiapkan dan membagikan 125.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 125 titik pendistribusian di 27 kota, yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi.

“Sebagai bagian dari tujuan global perusahaan “Let’s Make Life Delicious”, kami tidak hanya berkomitmen untuk menghadirkan kelezatan masakan melalui produk-produk terbaik, tapi juga terus menginspirasikan nilai kebaikan untuk kehidupan sehari-hari. Kami berharap Gerakan #ABCDapurBersamaIbu tahun ini dapat semakin mengingatkan kita akan kekuatan nilai kebaikan seorang ibu dan bersama-sama meneruskan kebaikan yang sama untuk dampak yang lebih besar,” harapnya.

Ditambahkan Diana Riaya Kusumaningrum, Marketing Manager Easy Meals Kraft Heinz Indonesia, gerakan #ABCDapurBersamaIbu terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Di momen Ramadhan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, mulai dari makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata.

“Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas,” terangnya.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan, hingga proses monitoring dan evaluasi.

Selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg, dimana setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan Sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, antara lain kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Diakui M. Hendro Utomo, Pendiri Foodbank of Indonesia (FOI), “Sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, FOI memiliki misi ‘Mendorong Kemakmuran dan Memerangi Kelaparan’. Kami senang bekerja sama dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu, yang juga mengusung misi yang sama. FOI percaya bahwa ibu memiliki peran penting dalam menentukan pilihan makanan yang terbaik bagi anak-anak dan keluarga. Lewat gerakan kolaboratif ini, bersama-sama kita tidak hanya memberikan bantuan pangan kepada mereka yang membutuhkan, namun juga ikut membantu asupan nutrisi yang lebih baik untuk mendukung produktivitas. Kita semua dapat ikut berperan aktif dan membawa dampak positif bagi sesama kita yang membutuhkan.”

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh beberapa mitra ABC lainnya, diantaranya Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan Grab, dimana setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp 1.000 sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan ini. Selain itu, Aqua juga memberikan dukungannya melalui penyediaan donasi air mineral dalam kemasan yang akan disertakan di dalam paket donasi makanan dan Aladin memberikan dukungan finansial. Diprediksi, total donasi secara nasional selama periode 23 Maret-19 April 2023 akan mencapai Rp 2,5 miliar dalam bentuk makanan yang akan disalurkan melalui FOI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)