Hyperlocal, Inisiatif Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi

MIX.co.id - Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia tercatat telah membantu sekitar 12 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100%-nya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal. Sejatinya, Hyperlocal merupakan inisiatif Tokopedia untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di manapun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), sedangkan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

Diungkapkan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia Rizky Juanita Azuz, “Inisiatif Hyperlocal memiliki berbagai contoh manifestasi, seperti layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba), dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat lokal.”

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga telah mampu mendukung tumbuh kembang UMKM lokal. Terbukti, jumlah penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia, naik lebih dari 1,5x lipat selama kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021. Peningkatan ini juga mendorong jumlah pembeli yang bertransaksi dengan penjual yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia, yakni naik lebih dari 2x lipat.

“Selain di Dilayani Tokopedia, kami juga melihat jumlah transaksi dan penjual yang mengikuti kampanye PASTI dan KTP masing-masing melonjak lebih dari 1,5x lipat,” ungkap Head of Regional Growth Expansion (RGX) Central Tokopedia Nafisah Wulandari.

Sementara itu, lanjut Nafisah, kecamatan dengan pertumbuhan transaksi tertinggi melalui Tokopedia selama kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021, antara lain Kutowinangun di Jawa Tengah, Eremerasa, Sanrobone, Arungkeke di Sulawesi Selatan, dan Indrapuri di D.I Aceh.

Pada kesempatan ini, Tokopedia juga membeberkan deretan UMKM lokal di Tokopedia yang sukses menjadi pahlawan ekonomi yang mampu memberdayakan masyarakat sekitar. Mereka antara lain Tea Heaven (Sukabumi), Bakso Damas (Malang), dan Madu Bantal (Banjarbaru).

Sejak bergabung di Tokopedia, Tea Heaven terus melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan menambah variasi produk. Kini, Tea Heaven telah memiliki 100 varian teh di Tokopedia. Pemilik Tea Heaven Devina Amelia mengatakan, “Kami memberdayakan ratusan petani teh di lebih dari 20 perkebunan di seluruh Indonesia, di antaranya Bantul, Garut, Ciwidey, Padang, Bali, dan masih banyak lagi.”

Sementara itu, penjualan Bakso Damas, usaha keluarga yang dilanjutkan oleh Angga Setyawan, sempat menurun hingga 60% pada awal pandemi. “Namun kondisi tersebut justru bukan penghalang. Berkat Tokopedia, omzet online kami bisa tetap naik dan berhasil mempertahankan sekitar 30 karyawan kami yang kebanyakan adalah tulang punggung keluarga,” ceritanya.

Adapun Pemilik Madu Bantal, Chairul Mufti, sukses memberdayakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)