Ini Bukti Komitmen Lion Parcel dalam Menerapkan Praktik Bisnis Berkelanjutan

MIX.co.id - Perusahaan jasa ekspedisi, Lion Parcel (PT Lion Express) resmi menjalin kerja sama dengan produsen motor listrik Tanah Air, GESITS (PT Wika Industri Manufaktur). Melalui kerja sama ini, Lion Parcel menjadi perusahaan logistik pertama di Indonesia yang mengimplementasikan penggunaan motor listrik dalam proses pengantaran paketnya.

Kolaborasi Lion Parcel dengan GESITS ini merupakan salah satu upaya Lion Parcel dalam mewujudkan rencana besarnya untuk menjadi perusahaan logistik yang lebih ramah lingkungan. Sejatinya, penggunaan motor listrik diyakini dapat meningkatkan efisiensi dalam operasional Lion Parcel sebagaimana biaya perawatan motor yang cenderung lebih murah dan mudah, serta tidak adanya biaya tambahan untuk bahan bakar.

Inisiatif ini menunjukkan dukungan Lion Parcel terhadap visi pemerintah Indonesia dalam mengembangkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia, dengan proyeksi 13 juta motor listrik mengaspal pada tahun 2030 mendatang.

“Kami senang dapat secara resmi bekerja sama dengan PT WIKA Industri Manufaktur selaku produsen motor listrik GESITS dalam mewujudkan visi besar perusahaan untuk membawa inovasi dan solusi ramah lingkungan dalam industri logistik Indonesia. Penggunaan motor listrik ini tentunya juga akan membawa banyak perubahan positif dalam segi operasional kami, dan menjadi bentuk dukungan nyata kami terhadap perkembangan produk nasional buatan karya anak bangsa,” kata Chief Executive Officer Lion Parcel Farian Kirana di sela-sela prosesi peresmian kerja sama yang digelar hari ini (14/10) di Jakarta.

Melalui implementasi penggunaan motor listrik pada proses pengantaran paket Lion Parcel, lanjut Farian, Lion Parcel turut mendukung visi pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. “Kami berharap inisiatif ini dapat membawa perubahan positif bagi lingkungan, menerapkan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan, serta berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon,” ujarnya.

Ditambahkan Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) M. Samyarto, “Sebagai manufaktur dan principal motor listrik GESITS, tentunya kami siap mendukung Lion Parcel untuk mengimplementasikan praktik bisnis berkelanjutan sebagai bagian dari kontribusinya dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik. Sinergi ini menjadikan Lion Parcel sebagai role model bagi perusahaan-perusahaan lainnya dalam mendukung ketahanan energi nasional, dengan mulai menggunakan kendaraan ramah lingkungan.”

Inisiatif berkelanjutan lainnya yang telah dilakukan oleh Lion Parcel adalah memperkenalkan penggunaan kardus plastik ramah lingkungan yang lebih tahan lama dan bisa didaur ulang kembali sebagai upaya dalam mengurangi sampah kardus karton. Selain itu, Lion Parcel juga tengah melakukan penyempurnaan proses manajemen sampah untuk memaksimalkan pendaurulangan barang-barang esensial dalam industri logistik seperti kardus, kertas, hingga bubble wrap. “Ke depannya, Lion Parcel akan terus secara bertahap mencari peluang baru untuk terus meningkatkan praktik bisnis yang ramah lingkungan” tutup Farian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)