MIX.co.id - Hari Batik Nasional, yang jatuh pada 2 Oktober ini, dijadikan Tokopedia dan ShopTokopedia sebagai momentum untuk terus membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal batik memulai dan membangun bisnis di era digital, termasuk meningkatkan tren belanja online fashion batik melalui berbagai inisiatif. Salah satunya, melalui kampanye Tokopedia Fashion dan Selasa Bergaya.
Dituturkan Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce Desey Muharlina Bungsu, pada konferensi pers yang digelar hari ini (2/10), di Jakarta, "Kami konsisten meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik di berbagai wilayah di Indonesia agar memiliki daya saing lebih tinggi dan produk yang makin diminati, termasuk meningkatkan transaksi produk batik dari UMKM."
Brand lokal batik yang ikut dalam berbagai inisiatif atau kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia, lanjutnya, turut merasakan dampak positif. Contohnya, OE yang mengalami kenaikan penjualan 1,5 kali lipat, dan Nona Rara yang mendapatkan pelanggan 3 kali lipat lebih banyak.
Lebih jauh ia menjelaskan, melalui inisiatif "Melokal dengan Batik" misalnya, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama pemerintah, kreator konten, dan berbagai instansi, berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik untuk menghidupkan ekonomi lokal di era digital.
"Inisiatif ini dimulai pada awal 2024 dan mengintegrasikan sejumlah inisiatif kunci, antara lain akselerasi digitalisasi UMKM lokal batik, halaman khusus, shoppertainment batik, dan peningkatan kapasitas produksi UMKM lokal batik," imbuhnya.
Melalui inisiatif "Melokal dengan Batik", Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Dan, 50%-nya telah bergabung dengan ShopTokopedia.
Di sisi lain, ada ribuan penjual baru batik yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye. Merujuk data ShopTokopedia, 25 Januari-7 Februari 2024, penjual yang berpartisipasi di Melokal Dengan Batik mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 90%.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga memberikan etalase khusus bagi brand fashion, termasuk batik lewat Tokopedia Fashion. Kampanye ini menghadirkan diskon Rp 500.000 dan flash sale 90% untuk berbagai produk fashion termasuk batik.
Sejumlah wilayah juga mengalami peningkatan tertinggi jumlah transaksi produk fashion melalui Tokopedia Fashion, antara lain Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung (berdasarkan data kuartal III 2024 dibandingkan kuartal II 2024).
"Kami pun memulai kampanye terbaru Selasa Bergaya di...