Inisiatif "20by2020" Bantu Nelayan di Kalimantan Selatan

Uni Emirat Arab melalui inisiatif "20by2020" melanjutkan program sosial berkelanjutannya ke berbagai belahan dunia. Salah satunya, di Pulau Laut Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia. Objektifnya, untuk menjangkau 20.700 masyarakat nelayan agar bisa mengakses energi yang lebih baik melalui lampu tenaga surya tanpa listrik.

Pulau Laut Selatan terletak di Kabupaten Kota Baru (Pulau Kalimantan). Di pulau ini, seperempat populasinya masih hidup dalam kegelapan dan mayoritas rumah tangganya bekerja sebagai nelayan.

Melalui inisiatif ini, 3.600 lentera bertenaga surya dan 1.000 lentera dengan alat isi ulang energi bertenaga surya akan diserahkan kepada para nelayan yang hidup tanpa listrik agar mereka dan keluarganya dapat terbantu dalam mencari nafkah. Dengan bantuan itu, para nelayan dapat mencari ikan lebih cepat di pagi hari dan lebih lama di malam hari, sehingga memungkinkan aktivitas ekonomi yang lebih besar.

Pelaksanaan inisiatif ini di Indonesia dilakukan melalui kerja sama unik antara dua pemenang Zayed Sustainability Prize terkemuka, yakni D.light dan Kopernik. D.light adalah pemenang penghargaan tahun 2013 dan pionir dalam penyediaan solusi tenaga surya dunia yang terjangkau untuk rumah tangga dan UKM, bermarkas di Amerika.  Selama ini, D.light ditugaskan untuk menyediakan teknologi bagi 20by2020.

Sementara itu, Kopernik adalah suatu organisasi non-profit berbasis di Indonesia dan merupakan pemenang Zayed Sustainability Prize tahun 2016 yang fokus pada energi berkelanjutan dan bertugas mengurangi kemiskinan di masyarakat terpencil. Kopernik bertanggung jawab melaksanakan proyek ini di lapangan.

Yang Mulia Ahmed Ali Al Sayegh, Menteri Negara Uni Emirat Arab (UAE Minister of State) dan Ketua (Chairman) Abu Dhabi Global Market (ADGM), yang juga Founding Partner The 20by2020 Initiative menegaskan, “Uni Emirat Arab (UAE) dan Indonesia sejalan  dengan agenda Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) 2030 dan mempunyai tujuan yang sama dalam membangun kota dan komunitas yang berkelanjutan, serta mendukung sektor-sektor pertumbuhan utama.”

Selama bertahun-tahun, kedua negara tersebut sudah mengadakan beberapa proyek berkelanjutan bersama yang dirancang untuk membangun masyarakat dan ekonomi yang berdaya tahan.

"Pelaksanaan penyebaran 20by2020 terkini adalah mengenai solusi tenaga surya yang ramah lingkungan di wilayah Kalimantan Selatan, Indonesia. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal dan juga menghubungkan populasi tanpa listrik ke sumber tenaga listrik. Kami senang menjadi bagian dari inisiatif dan jangkauan yang bermakna ini,” lanjutnya.

20by2020 dipimpin oleh The Zayed Sustainability Prize bekerja sama dengan Abu Dhabi Global Market, Abu Dhabi Fund for Development, Mubadala Petroleum, Kementerian Toleransi dan Keharmonisan hidup bersama Uni Emirat Arab (the UAE’s Ministry of Tolerance and Coexistence), Masdar, Majid Al Futtaim, dan BNP Paribas.

Dr Bakheet Al Katheeri, CEO Mubadala Petroleum, dan juga seorang mitra pendiri 20by2020 Initiative mengungkapkan, “Sebagai mitra dalam the 20by2020 initiative, kami bangga, karena hingga saat ini dapat membantu daerah yang kurang beruntung di seluruh dunia. Pelaksanaan penyebaran di Kalimantan Selatan, Indonesia ini akan memanfaatkan tenaga dari teknologi inovatif memungkinkan solusi yang berkelanjutan untuk masyarakat nelayan lokal."

Sejak tahun 2014, lanjutnya, Mubadala sudah terlibat dalam memberdayakan masyarakat ini melalui rangkaian proyek yang dibangun dengan baik.  Proyek-proyek tersebut dirancang untuk memperluas tujuan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan. "Keterlibatan kami dalam the 20by2020 initiative melengkapi usaha-usaha ini dan kami berharap melihat dampak dunia nyata pada masyarakat lokal seiring dengan kemajuan skema-skema ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)