Inisiatif Ades untuk Pengolahan Sampah Botol Plastik

Jika brand-brand Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) lainnya mengusung pesan komunikasi tentang kemurnian air sebagai sebuah produk, maka Ades--merek AMDK dari Coca-Cola--memilih pendekatan lain. Yakni, dengan mengusung kampanye komunikasi #NiatMurni.

Dikatakan Mohamad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration Coca-Cola Indonesia, Ades mengemas pesan kemurnian air dari sisi yang berbeda. Melalui kampanye #NiatMurni, Ades ingin menyampaikan pesan bahwa kemurnian justru dapat dilihat dari kemurnian niat.

"Ades memiliki visi untuk memberikan makna lebih akan kemurnian. Tidak hanya melalui air yang dikonsumsi masyarakat, namun juga kemurnian niat untuk menjaga lingkungan yang dilakukan bersama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat," terang Rezki.

Kampanye #NiatMurni digelar sejak awal tahun 2019. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menggelar pengumpulan botol plastik di kawasan Car Free Day (CFD). CFD diselenggarakan selama dua bulan, Maret dan April, di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Medan.

Selama dua bulan pengumpulan sampah botol plastik di kawasan CFD di empat kota tersebut, Ades berhasil menghimpun 17 ribu botol plastik dari berbagai merek. Selanjutnya, Ades menggunakan sampah botol plastik yang sudah dikumpulkan tadi untuk menjadi sebuah papan billboard pertama di Indonesia yang terbuat dari sampah plastik botol.

"Billboard #NiatMurni Ades ini akan terpasang di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Setiap kota akan terpasang satu billboard yang terbuat dari sampah botol plastik," tutur Rezki.

(Simak kupasan mendalam Kampanye #NiatMurni dari Ades pada Majalah MIX edisi Juni 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)