Inisiatif  LG  Atasi Persoalan Food Waste di Indonesia

MIX.co.id - United Nations Environment Programme (UNEP) melalui UNEP Food Waste Index Report 2021 mengungkapkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua di dunia dan teratas di Asia Tenggara sebagai negara penghasil food waste. Indonesia menghasilkan 20,93 juta ton food waste setiap tahunnya.

Di sisi lain, Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas) melaporkan, pembuangan limbah makanan nasional ini berdampak antara lain pada kerugian ekonomi yang mencapai Rp 213 – 551 triliun per tahunnya. Kondisi ini setara nilainya dengan 4-5% Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan Indonesia. Ironisnya, Indonesia juga menempati peringkat ke-77 dari 125 negara dalam hal risiko kelaparan sesuai laporan Global Hunger Index tahun 2023.

Berangkat dari fakta itu, diungkapkan Lee Tae-Jin, Presiden PT LG Electronics Indonesia, LG berkomitmen untuk turut mengatasi persoalan food waste dan food insecurity (kerawanan pangan) sebagai isu penting dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia secara luas, LG secara aktif mendorong kolaborasi cerdas dan lebih baik untuk mengatasi masalah-masalah penting secara berkelanjutan,” ucapnya.

Upaya LG untuk turut berkontribusi pada pengurangan food waste sekaligus kerawanan pangan tersebut selanjutnya menjadi dasar perusahaan dalam mengembangkan kampanye “Better Life for All”. Kampanye itu menyasar generasi muda dengan fokus pada penanaman budaya pangan berkelanjutan. Pada kampanye ini, LG bekerja sama dengan organisasi nirlaba FoodCycle Indonesia.

Sebagai sebuah gerakan penyadaran, kampanye tersebut mendorong tindakan-tindakan sederhana seperti memanfaatkan kembali buah-buahan yang bentuknya kurang baik menjadi sebuah hidangan lezat dan bergizi. Upaya-upaya ini bertujuan menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab di antara individu, sekaligus mendorong dampak positif pengurangan sampah dan mendukung masa depan berkelanjutan.

“Dalam rangkaian kampanye Better Life for All, LG tidak hanya melakukan kegiatan edukasi, namun juga melakukan food donation. Tidak tertutup kemungkinan, ke depannya, kami akan bekerja sama dengan FoodCycle untuk pengelolaan sampah makanan yang berasal dari kantor LG,” lanjutnya.

Kampanye “Better Life for All” merupakan bagian komitmen perusahaan terhadap Tata Kelola Lingkungan, Sosial dan Perusahaan (Environment, Social and Governance - ESG) di bawah pilar 'LG Loves and Cares'. “Kampanye inspiratif ini menunjukkan komitmen LG memperluas janji merek Life’s Good kepada masyarakat luas dengan meningkatkan kualitas hidup melalui inisiatif tanggung jawab sosial. Kami meyakini perlunya mengambil tindakan secara lokal untuk melakukan perubahan secara global,” ia menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Herman Andryanto, Co-Founder FoodCycle Indonesia, menuturkan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan LG Indonesia dalam mempromosikan edukasi mengenai pentingnya praktik pangan berkelanjutan. Kampanye ini sejalan dengan filosofi untuk memutus siklus kelaparan pada komunitas kurang mampu. Kami optimis, inisiatif ini dapat memberikan contoh nyata kepada masyarakat, khususnya generasi muda, tentang cara memerangi food waste and insecurity secara berkelanjutan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)