Intip Misi Edukatif Program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart”

MIX.co.id - Pepsodent dan Alfamart menggelar program ”Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” sebagai bagian dari penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023. Upaya kolaboratif yang diresmikan di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten, ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan dengan target menjangkau 100.000 siswa di 250 Sekolah Dasar yang tersebar di 12 kota di Indonesia.

Dituturkan Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care & Professional Marketing Unilever Indonesia, “Selama lebih dari 75 tahun, Pepsodent terus mewujudkan tujuan mulia untuk mendukung edukasi serta perawatan gigi dan mulut, salah satunya melalui penyelenggaraan BKGN setiap tahunnya. Di 2023, BKGN mengangkat tema ‘Senyum Sehat Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat’, yang memberikan perhatian khusus kondisi masyarakat Indonesia yang kian rentan mengalami gigi berlubang akibat konsumsi gula yang semakin tinggi.”

Menurut data, 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula secara berlebih, bahkan di 2023, konsumsi gula per kapita diproyeksi meningkat hingga 9% dari 2019. Tidak hanya pada orang dewasa, kecenderungan ini juga terlihat pada anak-anak. "Tentunya hal itu harus diwaspadai bersama, karena jika tidak disertai dengan kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik, kebiasaan ini menjadikan anak-anak berisiko mengalami gigi berlubang. Faktanya, hanya 2,8% masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur, sehingga edukasi dan pembiasaan sejak dini menjadi sangat penting, termasuk di lingkungan sekolah,” papar Distya.

Untuk itu, sebagai komponen penting dari BKGN, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ digelar sebagai misi berkelanjutan untuk menyebarluaskan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak usia Sekolah Dasar, bekerja sama dengan berbagai mitra guna memberikan dampak optimal.

Ditambahkan Joy Tarigan, Vice President Modern Trade Unilever Indonesia, “Pada pelaksanaan program kali ini, kami bermitra dengan Alfamart yang memiliki misi sejalan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Jaringan mereka yang menjangkau berbagai wilayah negeri juga memungkinkan kami untuk menghimpun lebih banyak masyarakat dalam mendukung misi mulia yang kami usung. Tak hanya mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut yang baik, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ juga menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara lebih menyeluruh.”

Solihin, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), mengatakan, “Sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka, Alfamart menyambut baik kerja sama ini, dimana para karyawan Alfamart akan turut terlibat dalam kegiatan edukasi kesehatan mulut dan gigi beserta PHBS yang bakal dijalankan di 250 Sekolah Dasar yang tersebar 12 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Lampung, Makassar, Lombok, Papua, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bengkulu. Secara total, program ini menargetkan untuk menjangkau 100.000 siswa.”

Bekerja sama dengan Yayasan Seribu Guru, melalui program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” setiap sekolah akan mendapatkan pelatihan guru untuk menjadi kader PHBS, pembentukan dokter kecil di sekolah dan edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk siswa, produk perawatan kesehatan gigi dan mulut,dan fasilitas penunjang untuk sikat gigi bagi sekolah-sekolah terbaik.

“Seluruh rangkaian program akan berlangsung mulai November 2023 hingga Maret 2024. Semoga kolaborasi ini akan membantu anak Indonesia lebih berprestasi dan percaya diri dengan Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat!” tutup Distya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)