Kampanyekan #SelangkahLebihHijau, Super Indo Luncurkan Kantong Segar 365

Berbagai perusahaan di Indonesia tengah memanfaatkan momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2021 untuk mengkampanyekan inisiatif yang terkait dengan pengelohan sampah maupun lingkungan. Tanpa terkecuali, Super Indo, yang kali memanfaatkan momentum Hari Peduli Sampah Nasional dengan meluncurkan produk ramah lingkungan terbarunya, “Kantong Segar 365”.

Dijelaskan Johan Boeijenga, Chief Executive Officer Super Indo, pada dialog virtual yang digelar hari ini (24/2), “Sebagaimana kita ketahui bersama, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkunga

Ditambahkan Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, Kantong Segar 365 merupakan alternatif pengganti roll plastic ketika pelanggan berbelanja produk segar, seperti sayur, buah, dan telur di gerai Super Indo dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana, yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R). Super Indo selalu menekankan pada penerapan perilaku ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah di semua lini operasi kami.”

Peluncuran Kantong Segar 365 merupakan bagian dari rangkaian kampanye #SelangkahLebihHijau yang digelar Super Indo di tahun ini. Sejatinya, kampanye ini juga sebagai bentuk dukungan Super Indo kepada pemerintah dalam mewujudkan pengelolaan sampah berkelanjutan di bisnis ritel melalui pelaksanaan ekonomi sirkular.

“Sebelumnya, Kantong Segar 365 ini sudah diuji coba diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu. Uji coba dilakukan di sejumlah gerai Super Indo. Hasilnya, pelanggan merespon positif Kantong Segar 365 ini. Untuk itu, pada awal tahun 2021, kami mulai menghadirkan Kantong Segar 365 di seluruh gerai Super Indo di Indonesia,” papar Yuvlinda.

Lebih jauh ia menerangkan, sampai saat ini, Super Indo masih menyediakan roll plastic untuk produk-produk segar. “Kami harus secara bertahap mengedukasi dan mengajak pelanggan untuk bertransisi dengan mengganti penggunaan roll plastic menjadi Kantong Segar 365, yang harganya sangat reasonable. Harapannya, langkah ini dapat membantu mengurangi sampah plastik yang masih menjadi masalah utama di Indonesia,” aku Yuvlinda, yang menyebutkan, sebelumnya Super Indo juga pernah merilis produk Reusable bag.

Ke depan, Super Indo akan intensif dan massif dalam mengedukasi market terkait penggunaan Kantong Segar 365. Antara lain, dengan menggelar promo diskon 20% untuk pembelian Kantong Segar 365. “Kami juga akan membagi-bagikan Kantong Segar 365 ini scara gratis melalui kampanye di media sosial,” paparnya.

Sejalan dengan Super Indo, Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyampaikan bahwa kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik. Mengingat, saat ini, jumlah gerai ritel modern di Indonesia mencapai 45 ribu dan pasar rakyat mencapai 3,6 juta. Dengan angka itu, penggunaan kantong plastik juga tercatat tinggi.

“Kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik. Dengan begitu konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Di samping itu, konsumen juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik,” urai Tulus.

Terus berinovasi dan berkolaborasi, saat ini, Super Indo juga tengah mengembangkan model pengumpulan pembuangan sampah kemasan plastik (Drop Box) bersama salah satu pemasok utamanya, Frisian Flag Indonesia. Program ini didisain untuk memudahkan pelanggan menjadi bagian dari rantai daur ulang kemasan plastik sekali pakai dengan cara yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)