Kampanyekan #SunprideBuatKebaikan, Sunpride Ajak Masyarakat Konsumsi dan Berdonasi Buah

Pada awal krisis, diperkirakan 2 juta anak balita di Indonesia mengalami wasting (gizi kurang), 7 juta anak stunting (pendek), dan 2 juta lainnya kelebihan berat badan. Demikian, data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk itu, di masa pandemi ini, pemenuhan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi berbagai penyakit.

Berangkat dari fenomena tersebut, PT Sewu Segar Nusantara (SSN) melalui merek buah Sunpride menggelar kampanye #SunprideBuatKebaikan. Kampanye ini merupakan ajakan untuk mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan sekaligus mendonasikan buah untuk anak-anak dari keluarga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.

Dalam rangkaian kampanye #SunprideBuatKebaikan, diterangkan Chief Executive Officer PT Sewu Segar Nusantara (SSN), Cindyanto Kristian, setiap pembelian buah Sunpride apapun dan berapapun selama periode 22 Oktober-7 Desember 2020 berarti menyediakan buah bagi mereka yang membutuhkan. Donasi buah akan disalurkan melalui tiga mitra strategis yang digandeng Sunpride, yakni Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation, dan Foodbank of Indonesia.

“Sunpride menyadari pentingnya nutrisi buah yang harus dikonsumsi tiap hari. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, 95,5% penduduk di atas usia 5 tahun masih kurang makan buah dan sayur. Terlebih di saat pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, tidak bisa menyediakan buah-buahan bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya,” paparnya.

Oleh karena itu, menyambut ulang tahun ke-25 Sunpride, lanjut Cindyanto, Sunpride berinisiatif menggelar program #SunprideBuatKebaikan. Objetifnya, mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah setiap hari sekaligus ikut serta mendonasikan buah bagi mereka yang membutuhkan. “Harapannya lebih banyak masyarakat yang mengonsumsi buah untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit,” ujarnya.

Diakui Cindyanto, inisiatif semacam ini bukan kali ini saja digelar peruahaan. Inisiatif ini telah dimulai sejak Maret 2020 lalu. Sunpride telah mendonasikan lebih dari 100 ton buah-buahan bagi tenaga kesehatan di 93 rumah sakit, 77 instansi (baik itu sekolah, kampus, penginapan paramedis, organisasi sosial maupun pemerintahan), anak-anak, kepolisian, dan para retailer Sunpride di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

“Kami berharap dengan adanya program #SunprideBuatKebaikan ini, ada lebih banyak orang yang terbantu tercukupi kebutuhan buah dan tentunya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya konsumsi buah setiap hari untuk kesehatan,” ia menerangkan.

Ditambahkan Founder Yayasan Waroeng Imaji Veronika Tan, “Keluarga yang di tinggal rusun mayoritas adalah mereka yang bekerja di sektor informal dan sangat terdampak Covid-19. Sejak pandemi ini terjadi, kami telah membantu anak-anak rusun yang terdampak Covid-19, khususnya di bidang edukasi dan pemenuhan gizi anak bersama dengan banyak pihak.”

Oleh karena itu, menurut Veronika, kali ini Yayasan Waroeng Imaji menyambut baik inisiatif Sunpride, karena sejalan dengan program yang tengah dijalankan saat ini. “Donasi akan kami sampaikan ke-7 rusun yang ikut serta dalam Operet Aku Anak Rusun 1 & 2, yaitu Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara, Rusun Pinus Elok, Rusun Pulogebang, Rusun Rawabebek, Rusun Komarudin, dan Rusun Pondok Bambu,” ungkapnya.

Director of Communications and Partnership ReachOut Foundation Cipto Rustianto menuturkan, sejak tahun 2013, Reachout Foundation (ROF) berfokus pada pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini di daerah pinggiran atau di bawah garis kemiskinan secara holistik-integartif, di mana bukan hanya pendidikan, pendampingan, dan perlindungan anak yang baik, namun juga pemenuhan gizi dan kesehatan sebagai penunjang utama tumbuh kembang anak.

“Inisiatif yang dilakukan bersama dengan Sunpride akan membantu anak-anak meningkatkan kualitas pendidikannya dengan lebih dulu meningkatkan nutrisi yang penting untuk fondasinya, yaitu tubuh yang sehat,” ucapnya.

CEO Foodbank of Indonesia M. Hendro Utomo mengungkapkan, “Perbaikan nutrisi merupakan salah satu misi dari Foodbank of Indonesia. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini di mana banyak keluarga yang kekurangan pangan karena keterbatasan penghasilan akibat Covid-19. Kami mendukung inisiatif dari Sunpride ini, karena donasi ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama pada anak-anak yang sulit mendapatkan akses pada makanan yang baik seperti buah-buahan. Donasi akan kami distribusikan ke daerah Jabodetabek yang merupakan daerah dengan tingkat Covid-19 yang cukup tinggi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)