MIX.co.id - Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa 95,5 persen masyarakat Indonesia masih sangat kurang makan buah dan sayur. Rendahnya konsumsi buah masyarakat Indonesia inilah yang mendorong PT Sewu Segar Nusantara (SSN), distributor buah-buahan segar bermerek Sunpride, menggelar kampanye #PilihanTepercaya.
Melalui kampanye #PilihanTerpercaya yang digelar sepanjang tahun ini, Sunpride mengajak masyarakat Indonesia untuk rajin mengonsumsi buah setiap hari dan memilih buah pilihan yang terbukti berkualitas.
Diungkapkan Cindyanto Kristian, Presiden Director PT Sewu Segar Nusantara, pada kick-off kampanye #PilihanTerpercaya yang digelar secara virtual pada pertengahan Agustus ini (16/8), “Salah satu yang mendorong kami menggelar kampanye ini adalah karena masih rendahnya tingkat konsumsi buah di Indonesia. Untuk itu, melalui kampanye ini, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk rajin mengkonsumsi buah, termasuk memilih buah berkualitas. Apalagi, Indonesia tercatat sebagai negara yang kaya akan buah.”
Lebih jauh ia menerangkan, Sunpride telah mendapatkan sertifikasi internasional global G.A.P, yang menjamin buah Pisang Cavendish, Guava Crystal, dan Nanas Honi yang berasal dari perkebunan PT Great Giant Pineapple (GGP) aman untuk dikonsumsi. Sertifikasi G.A.P ini mengatur empat poin utama, yaitu Food safety, Eco-friendly, Workers Safety & Welfare, serta Traceability. Dengan demikian, buah yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi dan terjamin.
“Sunpride sangat berhati-hati dalam mengelola buah-buahan kami, untuk menjaga kualitas buah Sunpride. Dimulai dari pemilihan benih, proses penanaman, pemanenan, pencucian buah-buahan, dan bagaimana kami membawa buah-buahan sampai ke konsumen. Sunpride bahkan juga menjamin kenyamanan serta keamanan petani kami,” papar Cindyanto.
Diakuinya, buah dari Sewu Segar Nusantara dijamin berkualitas terbaik. “Sebab, kami memiliki pengalaman 26 tahun di dunia buah-buahan. Selain telah memiliki sertifikasi internasional, kami juga punya ekosistem dalam menanam, memelihara, dan memanen buah, dengan menggandeng para petani buah terpilih yang sesuai dengan standar kami, misalnya tidak menggunakan bahan kimia dalam bertani,” ungkapnya.
Dalam kampanye #PilihanTepercaya, lanjutnya, Sunpride menggelar sejumlah rangkaian aktivasi. Sebelum meluncurkan kampanye #PilihanTepercaya, Sunpride dan Great Giant Food (GGF) telah meluncurkan kampanye “Great Children for Great Future” pada Hari Anak.
“Melalui kampanye ‘Great Childern for Great Future, setiap pembelian Mini Guava dan Mini Banana, maka konsumen ikut memberikan tambahan nutrisi kepada anak-anak yang mengalami stunting (kekurangan gizi) di Lampung,” paparnya.
Sunpride juga mengadakan program edukasi melalui media gathering bertajuk “Buah Dapat Meningkatkan Imunitas: Hoaks atau Fakta”, yang digelar pada 16 Agustus 2021. Pada kesempatan itu, tiga narasumber, yakni Cindyanto Kristian selaku Presiden Director PT Sewu Segar Nusantara; dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp. GK selaku Dokter Spesialis Gizi Klinis; dan Citra Kirana, seorang ibu muda sekaligus artis sinetron dan film. Media gathering yang digelar virtual ini diikuti oleh 95 orang jurnalis dari berbagai media lokal maupun nasional.
“Buah adalah salah satu sumber micronutrient (vitamin dan mineral) yang perannya sangat luar biasa untuk tubuh kita. Jika diibaratkan mobil, micronutrient ini adalah oli untuk mobil. Jadi kalau bensin ada, tapi olinya gak ada, ya mobilnya gak jalan juga. Jadi sangat penting, dan harus terpenuhi setiap hari,” terang dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinis.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa kebutuhan buah sebenarnya tidak perlu dalam jumlah yang banyak, yaitu cukup tiga porsi sehari. “Namun, selama pandemi ini, sebaiknya mengkonsumsi buah yang lebih banyak, yaitu 5 – 6 porsi sehari, dalam porsi yang dibagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin demi menjaga imunitas. Sebab, vitamin yang diberikan buah itu alami dan lebih baik bagi tubuh,” anjurnya.