Lima Inisiatif IKEA untuk Indonesia

MIX.co.id - Sejak memasuki pasar ritel di Indonesia, IKEA tercatat aktif menghadirkan berbagai inisiatif demi memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Mulai dari memajukan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, melestarikan budaya nasional, hingga ikut mempromosikan produk-produk buatan Indonesia ke seluruh dunia.

Diungkapkan Country Marketing Manager IKEA Indonesia Dyah Fitrisally, “Berbagai upaya, mulai dari menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, melestarikan budaya nasional, mempromosikan produk buatan Indonesia, mendukung UMKM, hingga membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah kami lakukan. IKEA Indonesia ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut memberikan dampak positif bagi Indonesia melalui produk dan layanan yang kami berikan.”

Inisiatif pertama adalah toko-toko IKEA yang ada di seluruh dunia menjual produk buatan Indonesia, yang tentu saja telah didesain dengan standard kualitas IKEA global. Deretan produk buatan Indonesia tersebut mulai dari sofabed dari seri NYKIL, bantal kursi merah berbentuk hati khas IKEA dari seri FAMNIG HJÄRTA, boneka dinosaurus dan stegosaurus dari seri JÄTTELIK, hingga papan lukis berbahan kayu lunak dari seri MÅLA. Sampai saat ini, sekitar delapan persen produk buatan Indonesia telah berkontribusi di deretan produk yang dipasarkan di seluruh gerai IKEA.

Dengan banyaknya produk buatan Indonesia dijual di IKEA seluruh dunia, IKEA telah ikut serta berkontribusi untuk menggerakan perekonomian dan membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya bahkan hingga mendunia.

Kedua, IKEA berinisiatif menggelar program kompetisi desain batik untuk melestarikan budaya Indonesia. Hal ini lantaran batik adalah kerajinan seni tradisional Indonesia dan telah lama dianggap sebagai simbol warisan Indonesia. Hal ini sangat diapresiasi di kalangan lokal dan internasional serta telah ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Dunia pada tahun 2009 oleh UNESCO.

Bahkan, apresiasi IKEA Indonesia terhadap batik, diwujudkan dengan kebijakan perusahaan untuk menyediakan seragam batik untuk dipakai co-worker IKEA Indonesia setiap hari Jumat. Bagi IKEA, seragam merupakan salah satu identitas, termasuk seragam batik ini. Desain batik di seragam co-worker IKEA saat ini berasal dari hasil karya desainer lokal Indonesia dari berbagai universitas yang bersaing pada kompetisi desain motif batik oleh IKEA.

Tahun 2021 ini, kompetisi desain pola batik digelar kembali oleh IKEA. Mahasiswa dari berbagai universitas diundang untuk membuat desain pola batik yang mengusung budaya Indonesia dan tak melepaskan sentuhan IKEA di dalam desainnya. Selain merupakan salah satu upaya IKEA dalam melestarikan budaya lokal Indonesia, kegiatan ini juga merupakan salah satu wadah mahasiswa untuk menjadi bagian dari identitas IKEA Indonesia dengan merancang pola batik sekaligus menumbuhkan rasa cinta Indonesia kepada generasi muda.

Ketiga, IKEA berinisiatif membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi gratis dan Blue Bag Project. IKEA Indonesia juga telah melakukan vaksinasi kepada seluruh co-worker. Selain itu, IKEA Kota Baru Parahyangan juga menjadi sentra vaksinasi dalam program vaksinasi gratis yang dimulai sejak 2 hingga 27 Agustus 2021. Vaksinasi gratis ini akan diberikan kepada 30.000 warga Bandung Barat yang berusia 12 tahun ke atas.

Inisiatif sosial lainnya yang dilakukan oleh IKEA Indonesia adalah Blue Bag Project. Program Blue Bag Project kali ini merupakan upaya IKEA Indonesia mendukung pemerintah dengan mendonasikan seluruh keuntungan dari penjualan tas biru FRAKTA untuk penanggulangan Covid-19. Periode ini dimulai dari 1 Agustus sampai 1 Oktober 2021.

Keempat, IKEA berinisiatif menciptakan lingkungan berkelanjutan demi generasi Indonesia yang akan datang. Upaya yang dilakukan antara lain, penggunaan material ramah lingkungan yang dapat digunakan dalam periode waktu yang cukup lama, pengelolaan limbah makanan yang konsisten dijalankan IKEA, hingga ragam inisiasi sosial. Selain itu, layanan dan operasional toko IKEA juga menggunakan teknologi hemat energi dan recycle water.

Kelima, IKEA berinisiatif mendukung pertumbuhan UMKM melalui Teras Indonesia. Untuk mendukung kemajuan perekonomian kreatif dan mempromosikan produk buatan Indonesia, IKEA Indonesia memberdayakan UMKM lokal dengan menyediakan tempat pameran gratis di toko IKEA, yang dinamakan Teras Indonesia. Ke depannya, program ini akan terus berjalan dan menginspirasi para pelaku UMKM untuk tetap semangat menghadapi tantangan bisnis dan selalu berkarya untuk mengembangkan perekonomian kreatif Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)