Sebagai bagain dari rencana jangka panjang, pada tahun 2022, McDonald’s Global akan melakukan perbaikan serta peningkatan pada menu Happy Meal di 120 pasar, termasuk Indonesia. Guna mewujudkan rencana jangka panjang tersebut, sejumlah upaya siap dilakukan restoran cepat saji asal Amerika itu.

Antara lain dengan menawarkan lebih banyak makanan seimbang, menyederhanakan bahan makanan, terus transparan terhadap informasi gizi makanan terutama Happy Meal, semakin bertanggung jawab dalam memilih metode pemasaran untuk anak-anak, serta memanfaatkan pemasaran yang inovatif agar membantu mempengaruhi pembelian makanan dan minuman yang mengandung kelompok makanan yang direkomendasikan dalam menu Happy Meal.

Dijelaskan Steve Easterbrook, Presiden dan CEO McDonald’s Corporation, “Kami menyadari adanya kesempatan bahwa kami harus memberi dukungan kepada keluarga sebagai salah satu restoran yang paling sering dikunjungi di dunia, dan tetap berkomitmen untuk memperbaiki kualitas makanan.”

Mengingat skala dan jangkauan McDonald’s, lanjut Steve seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Majalah MIX, maka McDonald’s berharap upaya itu akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen sekaligus memberi manfaat bagi jutaan keluarga.

Pada tahun 2013 lalu misalnya, McDonald’s mulai bekerja sama dengan aliansi non-profit Healthier Generation dalam mengembangkan rencana tersebut. Awal tahun ini, McDonald’s melanjutkan upaya bersama dengan Healthier Generation untuk menetapkan lima Global Happy Meal Goals baru sampai tahun 2022.

#1 Menawarkan Makanan Seimbang

Dengan menggunakan kriteria gizi yang ketat berdasarkan kebijakan sains asupan gizi, pada akhir tahun 2022, setidaknya 50% atau lebih menu Happy Meal yang tercantum pada seluruh menu (baik di papan menu yang ada di restoran, kios, dan aplikasi online), di setiap pasar akan memenuhi kebijakan Happy Meal Global terbaru yaitu mengandung kurang dari atau sama dengan 600 kalori; 10% kalori dari lemak jenuh; natrium 650mg; dan 10% kalori dari gula tambahan.

Saat ini, 28% kombinasi Happy Meal yang ditawarkan pada papan menu McDonald’s di 20 pasar (negara) utama telah memenuhi kriteria nutrisi yang baru ini. Untuk mencapai tujuan 50% atau lebih, pasar akan menambahkan varian menu baru, merumuskan ulang, atau menghapus variasi menu Happy Meal yang lama untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan.

#2 Penyederhanaan Bahan

Sejalan dengan selera serta preferensi pelanggan yang semakin berkembang, pasar McD akan mengutamakan Happy Meal dan menyederhanakan bahan dengan menghilangkan perasa buatan, pewarna buatan serta mengurangi penggunaan pengawet buatan.

McDonald’s Indonesia saat ini tengah mengkaji ulang paket menu Happy Meal untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditentukan. Direncanakan pada tahun 2019 McDonald’s Indonesia akan menawarkan paket menu Happy Meal baru yang lebih memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditetapkan global.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Berkinerja Positif di 2024, BCA Life Optimis Tumbuh Lebih Kuat di 2025

MIX.co.id - Sepanjang 2024, BCA Life berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang positif. Hal itu didorong…

10 hours ago

Ekspansi AC Home Central, Daikin Resmikan Proshop Showroom di Makassar

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali melakukan ekspansi untuk mengembangkan pemasaran lini produk AC Home…

10 hours ago

MENGUBAH KOTA DENGAN KEKUATAN SINEMA

Sinema bukan sekadar hiburan, tetapi alat yang mampu membentuk citra kota. Placecinemaking menghadirkan narasi yang…

12 hours ago

barenbliss Gelar “BNB Iftar Soiree” di Tiga Kota

MIX.co.id - Ramadan tahun ini, barenbliss, merek kecantikan Korea Selatan, menggelar kampanye Ramadan bertajuk #Blissful&BloomingRamadan.…

14 hours ago

SAHUR & IFTAR PRAKTIS? COBA DULU

Ramadan selalu identik dengan hidangan sahur dan iftar yang lezat. Namun, kesibukan sering kali membuat…

14 hours ago

Momogi Dominasi Pasar Snack Extrude Stick

MIX.co.id – Mempertahankan posisinya sebagai brand terdepan di industri snack, Momogi, produk dari Sari Murni…

22 hours ago