MIX.co.id – Kampanye global “Abuse is Not Love” resmi diluncurkan Yves Saint Laurent (YSL) Beauty Indonesia, padahari ini (27/6), di Jakarta. Objektif dari program ini adalah untuk melawan kekerasan dalam hubungan dengan pasangan melalui kerja sama dengan mitra non-profit.
Di Indonesia, program Abuse Is Not Love akan memberikan pelatihan dengan memperkenalkan 9 tanda kekerasan dalam hubungan dengan pasangan untuk membantu publik memahami hubungan yang sehat serta mendukung program konseling bagi yang membutuhkan melalui kemitraan dengan Yayasan Pulih.
Kampanye ini dihadirkan lantaran fakta mengungkapkan satu dari tiga perempuan mengalami kekerasan dalam hubungan dengan pasangan selama hidupnya. Kekerasan dalam hubungan dengan pasangan merupakan salah satu masalah sosial utama yang dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti kekerasan fisik, seksual, emosional, finansial, hingga pengendalian perilaku oleh pasangan. Hal ini dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki, dengan prevalensi terbesar terjadi pada generasi muda berusia 16 hingga 24 tahun.
Berdasarkan data Catatan Tahunan Komnas Perempuan 2023, kekerasan dalam hubungan dengan pasangan mendominasi pengaduan ke Komnas Perempuan di kategori ranah personal; 713 kasus kekerasan yang dilakukan oleh mantan pacar; 622 kasus kekerasan terhadap istri; dan 422 kasus kekerasan dalam pacaran.
Salah satu faktor fenomena ini terus terjadi karena adanya mispersepsi dalam masyarakat tentang hubungan dengan pasangan yang sehat dan seringkali kekerasan ini dinormalisasi sebagai bentuk ekspresi cinta.
“Bagi YSL Beauty, kami percaya bahwa perempuan harus memiliki kebebasan untuk menjadi siapa pun yang mereka inginkan dan memiliki kebebasan berpikir secara independen, bahagia, aman dan bebas dari berbagai bentuk kekerasan. Program Abuse Is Not Love dijalankan secara global sejak tahun 2020 dengan komitmen memberikan edukasi tentang kekerasan dalam hubungan dengan pasangan kepada 2 juta orang di dunia hingga tahun 2030 mendatang,” papar Maria Adina, General Manager L’Oréal Luxe Division Indonesia.
Sementara itu, di Indonesia, kampanye Abuse Is Not Love masih berfokus pada meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan prefentif terhadap perilaku abuse. “Tahun ini, kami menargetkan 2.000 orang Indonesia dapat mengikuti pelatihan, termasuk para karyawan dan kami dan Beauty Advisor. Harapannya, mereka akan menjadi agen perubahan yang akan menyebarkan kembali pesan-pesan dari kampanye ini kepada komunitas mereka,” ujarnya.
MIX.co.id - “Empowering SMEs through Inclusive Embedded Financing” merupakan program keberlanjutan yang digelar Evermos untuk…
MIX.co.id - Tahun 2023, BCA Digital secara proaktif dan konsisten menginisiasi kegiatan literasi, edukasi, dan…
MIX.co.id – Memperingati Hari Ibu, Kalbe Nutritionals melalui salah satu produknya Prenagen Lactamom meluncurkan kampanye…
MIX.co.id - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, Erha Clinic meluncurkan program circular economy "Start…
MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…
Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…