Corporate Social Initiative

Making a House a Home, Cara P&G Pedulikan Kesejahteraan Komunitas Lokal

MIX.co.id – Mengambil tempat di wilayah sekitar pabriknya di Karawang, Jawa Barat, P&G Indonesia kembali menghadirkan “Making a House a Home” (MaHaH), program kepedulian terhadap kesejahteraan komunitas lokal. Di Indonesia, program ini telah masuk tahun ke tujuh dan berhasil merenovasi 77 bangunan dan warung agar lebih layak huni di kawasan Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Tengah.

Dalam beberapa tahun terakhir, program ‘Making a House a Home’ telah berimprovisasi sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas. Jika sebelumnya program dibesut dalam format renovasi fisik rumah, belakangan program juga dipadukan dengan aktivasi untuk menggerakkan perekonomian lokal melalui pemberdayaan pemilik usaha mikro, khususnya perempuan. Program ini sekarang dilengkapi dengan pelatihan soft-skill seperti literasi finansial, perencanaan keuangan, dll, kepada pemilik usaha rumahan. Melalui pelatihan tersebut, pemerima manfaat diharapkan dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya, terutama pada masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Lebih dari itu, program MaHaH juga dipadukan dengan kegiatan employer volunteering. Tahun ini, sekitar 30 karyawan P&G Indonesia ikut berpartisipasi sebagai relawan, yang turut serta membantu proses renovasi rumah dan tempat usaha warga penerima manfaat. Sementara dari P&G selaku pemilik program, korporat menyediakan dukungan berupa produk-produk P&G yang dapat digunakan kembali oleh para pemilik warung untuk mendukung usaha mereka.

“Kami menyadari, selain persoalan tempat hunian, masih banyak pemilik usaha mikro yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, kami juga melengkapi mereka dengan kemamppuan dan pengetahuan guna meningkatkan kesejahteraan hidup. Inilah wujud konkret dan konsistensi P&G sebagai ‘Force for Growth and Force for Good’. Kami kami hadir dan bergerak bersama masyarakat lokal dalam memperkuat perekonomian dan kesejahteraan hidup mereka,”papar Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesiadalam keterangan tertulisnya.

Dalam aplikasinya, pemilihan target penerima manfaat program Making a House a Home dilakukan melalui delapan langkah pendekatan partisipasi komunitas. Langkah-langkah tersebut adalah Survey/penilaian, Sosialisasi, Pembentukan Panitia & Program, Pemilihan Keluarga, Respon Masyarakat, Verifikasi, Persetujuan Kedua Belah Pihak, hingga Implementasi Revitalisasi. Melalui delapan lapis seleksi tersebut telah terpilih enam penerima manfaat pemilik usaha mikro (warung) di Desa Wanakerta, Karawang.

Editor

Recent Posts

TCL Gelar Promo Spesial Valentine untuk Produk AC Inverter

MIX.co.id - Menyambut bulan valentine, merek elektronik global TCL mengajak pelanggan untuk menikmati promo terbesar…

2 hours ago

Gelar Employee Gathering, J99 Corp. Apresiasi Karyawan Loyal

MIX.co.id - J99 Corp. baru saja menggelar program employee gathering yang diikuti oleh seluruh karyawan.…

7 hours ago

Pameran JSD 2025 Lebih Spektakuler, Usung Tema ‘Sole of the Game’

MIX.co.id – Jakarta Sneaker Day (JSD) tahun ini kembali digelar. Berkolaborasi dengan BCA melalui myBCA,…

8 hours ago

Sennheiser Rayakan 25 Tahun Mikrofon Evolution Wireless

MIX.co.id – Bagi Sennheiser, tahun 1999 ditandai dengan lahirnya seri mikrofon wireless tersukses, Evolution Wireless.…

15 hours ago

Metode Tobacco Harm Reduction, Alternatif Rendah Risiko

MIX.co.id – Jumlah perokok di Indonesia menempati urutan kedua terbesar di dunia dan tercatat 300…

18 hours ago

Begini Inisiatif CIMB Niaga dalam Meningkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar

MIX.co.id - Program literasi dan inklusi keuangan menjadi salah satu inisiatif keberlanjutan yang digelar Bank…

23 hours ago