MIX.co.id - Tahun ini, merek kosmetik dari Tempo Scan Group, Marina, melalui inisiatif "Marina Beauty Journey" kembali mengajak Gen Z dan perempuan muda Indonesia menjadi agen perubahan. Di antaranya, dengan memaksimalkan potensi diri lewat minat dan bakat yang dimiliki agar memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Kali ini, tema yang diusung adalah "Let's Make Impact".
Inisiatif ini telah digelar secara berkelanjutan oleh Marina sejak 2011 dan telah menjangkau lebih dari 104 ribu peserta. Sejatinya, inisiatif ini merupakan wujud komitmen Marina untuk menghadirkan rangkaian program bagi pengembangan diri Gen Z dan perempuan muda Indonesia.
Dikatakan Elfia Rahmi, Senior Head Brand Investment & Consumer Engagement Marina, “Marina Beauty Journey 2021 mengangkat tema Let’s Make Impact karena Marina ingin mengajak perempuan muda Indonesia untuk tetap semangat menghadapi tantangan di dunia yang penuh perubahan ini. Tujuan kami adalah untuk menginspirasi dan menjadi wadah agar Gen Z dapat menjadi agen perubahan, dengan melakukan kebaikan bagi dirinya sendiri serta memberi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Kami percaya bahwa perempuan muda Indonesia bisa semakin bersinar sebagai pribadi yang utuh, dan mengajak orang lain untuk bersinar."
Tahun ini, Stevan Pasaribu sebagai salah satu musisi yang tengah naik daun belakangan ini turut membagikan pengalamannya dalam meniti karir bermusik. “Melalui bernyanyi, saya mempunyai visi untuk menyebarkan pesan kebaikan dan menghibur orang lain. Meskipun pernah menghadapi rintangan saat meniti karir, saya tetap gigih berjuang membangun mimpi, karena keinginan untuk menginspirasi lebih banyak orang agar selalu bersemangat dan memberikan dampak lebih besar. Terlebih di masa sekarang ini, kita dapat memanfaatkan platform digital untuk menjangkau lebih banyak orang," ucapnya.
Sementara itu, beauty vlogger yang memulai debutnya di tahun 2010, Nanda Arsyinta, juga mengemukakan keinginannya untuk memberikan inspirasi pada lingkungan sekitar. “Aku dulu pernah di-bully, namun aku bisa bangkit menjadi pribadi yang lebih kuat dan mantap menunjukkan jati diriku kepada dunia. Menjadi cantik dan bebas mengekspresikan diri secara positif membuat diriku memahami arti cantik yang sesungguhnya. Dengan mengembangkan kreativitas lewat konten di media sosial, aku ingin menginspirasi orang lain untuk lebih percaya diri dengan potensi yang dimiliki, serta membuat sisi kecantikan kita terpancar nyata dari dalam dengan sendirinya," ujarnya.
Adapun Soraya Cassandra, Co-Founder Kebun Kumara, menegaskan, “Bumi merupakan tempat tinggal yang harus senantiasa dijaga agar layak ditempati bagi generasi penerus. Hal ini menginspirasi kami untuk membangun Kebun Kumara untuk mengajak masyarakat kembali mengenal, merawat, dan terhubung dengan alam walaupun tinggal di perkotaan, dengan mulai berkebun untuk kebutuhan sehari-hari seperti sayur, bumbu dapur, atau tanaman obat."
Tak disangka, dari langkah kecilnya itu, ternyata dapat berkembang menjadi sebuah bisnis yang juga bermanfaat bagi orang lain. "Untuk itu, kami ingin mengajak lebih banyak teman-teman Gen Z untuk memulai langkah kecil dan membiasakan diri melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan bumi,” imbuh Soraya.