Menciptakan Nilai Ekonomi dan Sosial melalui Inisiatif “IDCamp”

MIX.co.id - Tak sedikit eksekutif di perusahaan menghadapi dilema dalam menjalankan program CSR (Corporate Social Responsbility). Hal itu telah ditegaskan Porter dan Kramer dalam makalah pertamanya yang diterbitkan Harvard Business Review, pada lebih dari satu dekade silam, tepatnya 2002. Porter dan Kramer mengungkapkan bahwa banyak eksekutif terjebak antara kritik yang menuntut perusahaan berdonasi lebih tinggi dengan ekspektasi investor untuk memaksimalkan keuntungan jangka pendek.

Menghadapi dilema itu, Porter dan Kramer menyarankan perusahaan agar dapat menggunakan filantropi dengan cara yang strategis. Misalnya, perusahaan dapat mengintegrasikan tujuan sosial dan ekonomi, serta mendorong daya saing jangka panjang mereka dengan memanfaatkan kompetensi inti perusahaan, sehingga menghasilkan perubahan sosial yang nyata.

Empat tahun kemudian, 2006, Porter dan Kramer mempertegas hal itu melalui makalah kedua mereka. Porter dan Kramer memperkenalkan pendekatan baru terhadap konsep CSR, yakni mengintegrasikan aktivitas CSR ke dalam strategi bisnis inti, di mana keputusan bisnis maupun aktivasi sosial harus mengikuti prinsip nilai bersama.

Selanjutnya, 2011, Porter dan Kramer menerbitkan makalah terakhir, yang menawarkan konsep Creating Shared Value (CSV) yang lebih substansial. Penulis mendefinisikan CSV sebagai “kebijakan dan praktik operasional harus mampu meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus memajukan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, di mana perusahaan beroperasi”.

Menurut Porter dan Kramer, ada tiga mekanisme penciptaan nilai bersama yang saling memperkuat. Pertama, reconceiving products and markets atau memahami kembali produk dan pasar. Kedua, redefining productivity in the value chain atau mendefinisikan ulang produktivitas dalam rantai nilai. Ketiga, enabling local cluster development atau memungkinkan pengembangan klaster lokal, salah satu contohnya adalah inisiatif perusahaan yang berfokus pada pendidikan. Keberhasilan dalam mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan yang melibatkan pengembangan klaster seringkali memerlukan kolaborasi dengan pihak ketiga, termasuk perusahaan lain.

Konsep CSV dari Porter dan Kramer itulah yang kemudian diadopsi Indosat Ooredoo Hutchison dalam menjalankan praktis bisnisnya. Dituturkan Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, saat wawancara dengan Majalah MIX MarComm pada Desember 2022, objektif dari seluruh program CSR Indosat adalah creating shared value towards sustainable business atau menciptakan nilai bersama untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan.

Dalam konteks CSV Porter dan Kramer, Indosat melalui inisiatif IDCamp, memilih mekanisme enabling local cluster development. Diluncurkan pertama kali pada 2019, IDCamp merupakan program beasiswa belajar coding gratis dengan berbagai tingkatan dan topik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, peserta yang berhasil menyelesaikannya akan mendapat sertifikat yang diakui secara global. Di program IDCamp, Indosat berkolaborasi dengan Dicoding Indonesia.

“Melalui IDCamp, Indosat berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam menyediakan talenta digital yang siap bersaing di era ekonomi digital. Mengingat, data Bank Dunia menyebutkan, saat ini, Indonesia memerlukan 9 juta talenta digital hingga 2030 mendatang atau 600.000 talenta digital per tahunnya, dimana programming atau coding merupakan kompetensi utama yang harus dipenuhi. Selain, Itu, kami juga melihat adanya kebutuhan talenta digital untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat kekuatan digital di kawasan Asia-Pasifik,” papar Steve.

Lebih jauh ia menjelaskan, setelah para peserta memiliki kompetensi digital usai menyelesaikan program IDCamp, Indosat berharap mereka bisa menghadirkan aplikasi digital, yang bisa digunakan oleh pelanggan Indosat dan masyarakat luas sebagai hasil di hilir. “Secara jangka panjang, harapannya lulusan IDCamp akan memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi digital Indonesia. Ekosistem inilah yang menjadi dampak kemanfaatan bersama dari program IDCamp,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Berbagi Value kepada Alumnus...
Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)