Menggandeng Segmen Muda di Program Pelestarian Air Ades

Sebagai merek air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh Coca-Cola Indonesia, Ades, memiliki komitmen untuk turut berkontribusi pada kelestarian lingkungan hidup, khususnya kelestarian air. Oleh karena itu, program konservasi air merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari bisnis Coca-Cola dimanapun perusahaan itu beroperasi.

Dijelaskan Andrew Hallatu, Public Affairs and Community Manager Coca-Cola Indonesia, dalam satu dekade terakhir, berbagai program Water Replenishment yang dilakukan oleh Coca-Cola di Indonesia setidaknya telah mengembalikan lebih dari satu miliar liter air kembali ke alam dan masyarakat. “Bahkan, pada tahun 2015, kami telah mmapu mengembalikan air yang kami pakai hingga 164%-nya,” tegasnya.

Salah satu upaya pengembalian air yang dilakukan Coca-Cola antara lain berupa pembangunan sumur-sumur resapan untuk penyelamatan mata air, perbaikan akses air bersih dan sanitasi, hingga pembuatan Embung di lahan kering untuk fungsi konservasi air sekaligus pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan.

Ades sebagai salah satu merek keluaran Coca-Cola Indonesia, tentu saja memiliki komitmen yang sama. Yakni, mengajak masyarakat untuk melestarikan sekaligus mencintai air kepada konsumennya. Untuk itu, pada Mei 2018 lalu, Ades menggelar kampanye “Cintai Air, Cintai Hidup”.

Marketing Manager Hydration Coca-Cola Indonesia Mohamad Rezki Yunus memaparkan, melalui kampanye “Cintai Air, Cintai Hidup”, Ades memperkenalkan sekaligus mengapresiasi dua Pejuang Air Ades, Sugeng Handoko dari Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Keduanya telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kelestarian air sebagai sumber kehidupan dan memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan, sebagai bagian dari kampanye Cintai Air, Cintai Hidup. Selanjutnya, pada akhir Agustus ini, Ades kembali menggelar kampanye Sobat Air Ades,” ujarnya.

Ada sejumlah kriteria yang membuat keduanya terpilih sebagai Pejuang Ades. Antara lain, program pelestarian air yang dilakukan berskala besar, program pelestarian air mudah direplikasi ke daerah lain, inisiatif yang dilakukan terkait pelestarian lingkungan—khususnya air, dan program digelar secara berkelanjutan.

“Sobat Air Ades” adalah program lanjutan dari Pejuang Air Ades, yang menyasar segmen muda. Program tersebut dihadirkan Ades untuk meningkatkan kepedulian dan melakukan aksi nyata di antara generasi muda terhadap pentingnya sumber daya alam, khususnya air. Di antaranya, melalui kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan yang nantinya akan berguna bagi kehidupan masa depan Indonesia.

Diterangkan Rezki, konsep “Sobat Air Ades” adalah memberikan wadah bagi anak-anak muda sekaligus mempertemukan mereka dari beragam daerah dan latar belakang yang memiliki visi yang sama, yaitu memiliki semangat mencintai alam Indonesia dan ingin berkontribusi pada konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

“Dengan menjadi Sobat Air Ades, mereka berkesempatan mengikuti kegiatan Conservacation. Kegiatan Conservacation memiliki keunikan karena selain memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkontribusi langsung pada kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan, mereka juga berkesempatan untuk menikmati keindahan alam Indonesia,” ia menerangkan.

(Simak inisiatif sosial Ades terkait pelestarian air di Majalah MIX edisi September/Oktober 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)