Corporate Social Initiative

Menggaungkan Semangat ‘One Action, One Earth’ di Langkah Membumi Festival 2023

MIX.co.id – Blibli Tiket ACTION —program sustainability dari Blibli Tiket Group—bersama venture builder Ecoxyztem akan menggelar “Langkah Membumi Festival (LMF) 2023”, pada 25-26 November 2023 mendatang di SCBD Park. Mengusung tema besar ‘One Action, One Earth’ yang merepresentasikan kekuatan ekosistem dalam memerangi perubahan iklim, festival ini diharapkan mampu menjadi melting pot yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, dan penggiat sustainability dalam mewujudkan visi bersama, yakni menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan.

Diungkapkan Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli, “Langkah Membumi Festival menjadi upaya nyata dari komitmen Blibli Tiket Action dalam mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis dengan melibatkan karyawan, pelanggan, mitra dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan bumi, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan”.

Dia juga menegaskan bahwa melalui festival tersebut, Blibli Tiket Group bersama Ecoxyztem dan para pemangku kepentingan lain bersatu untuk menjadi enabler gaya hidup dan praktik bisnis yang berkelanjutan, collaborator dunia yang lebih hijau, dan accelerator ekonomi hijau di Indonesia.

Blibli Tiket Action memprioritaskan enam fokus materialitas dalam menjalankan strategi keberlanjutan, yakni penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, pengurangan emisi, pelatihan dan pengembangan, hubungan komunitas, serta tata kelola data dan privasi.

“Mulai dari 100% kemasan kardus tersertifikasi dapat didaur ulang hingga ajakan pelanggan mengembalikan 10 kemasan bekas untuk penanaman 1 bibit pohon, menjadi program keberlanjutan di bawah payung Blibli Tiket ACTION. Program ini ingin diperluas ke skala yang lebih besar melalui aksi kolaborasi yang melibatkan semua pihak,” imbuh Lisa.

Festival tersebut diapresiasi Vinda Damayanti, M.Sc., Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Dia pun optimis Langkah Membumi Festival 2023 dapat menjadi wadah aksi iklim yang nyata dan partisipatif.

“Mendekati persiapan Pemerintah menuju COP 28 yang akan dilaksanakan di Dubai, kami merasa senang bahwa sektor swasta, industri, dan para ecopreneur dapat berperan aktif bersama pemerintah untuk menawarkan berbagai macam solusi dari permasalahan lingkungan. Hal ini senada dengan komitmen KLHK untuk mempercepat dan memperbesar penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) menuju target di 2030,” ucap Vinda.

Optimisme serupa diutarakan Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem. “Sebagai sebuah venture builder yang telah membantu dan bertemu lebih dari ratusan climate tech startup atau biasa disebut ecopreneurs, kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari kolaborasi multi-stakeholders ini. LMF 2023 merupakan bentuk nyata bahwa pihak pemerintah dan industri telah mulai percaya dengan tumbuhnya inovasi permasalahan lingkungan yang muncul dari para ecopreneur. Hal ini sejalan dengan cita-cita kami untuk terus menggaungkan #PercayaEcopreneur. Setidaknya 40 ecopreneurs akan terlibat dalam event LMF ini, baik untuk pitching, mengisi booth, maupun menjadi pembicara untuk membagikan pengalamannya membangun startup di isu lingkungan.”

Dengan membawa semangat edukasi menjadi aksi, Langkah Membumi Festival 2023 gratis untuk umum. Pengunjung cukup menukarkan sampah plastik dan kardus yang sudah terpilah sebagai akses masuk. Para pengunjung bisa mengikuti berbagai talk show inspiratif yang berbagi pengetahuan seputar gaya hidup hingga tata kelola bisnis yang berkelanjutan, serta berpartisipasi dalam workshop menarik, seperti upcycled pet toy, ecoprint, dan urban farming dengan mendaftar di langkahmembumi.com. Ada pula Langkah Membumi Networking, dimana ecopreneur dapat memperluas relasi dengan mitra strategis dan penggiat sustainability, yang digagas bersama Paloma Sjahrir Foundation dan TS Media.

Menghadapi dampak perubahan iklim yang semakin nyata, para pengunjung juga berkesempatan cek kesehatan gratis, uji emisi gratis untuk mengurangi carbon footprint, hingga test drive kendaraan listrik gratis, termasuk di antaranya BMW iX dan Neta V di mana Blibli menjadi mitra e-commerce untuk kedua mobil tersebut.

Selain itu, publik juga bisa mengikuti Langkah Membumi Festival Reels Competition ‘One Action, One Earth’ untuk kategori individu dan komunitas, dengan total hadiah Rp 9 juta. Kompetisi digelar sebagai ajakan untuk membuat dan mengunggah creativereels berisi pesan untuk lebih mencintai Bumi. Pemenang kompetisi reels ini akan diumumkan pada puncak gelaran LMF 2023 pada 25 November mendatang.

Langkah Membumi Festival ini merupakan hasil sinergi yang melibatkan sejumlah mitra strategis, seperti Djarum Foundation, GIZ Indonesia, Bappenas, TBS Energi Utama, Paloma Sjahrir Foundation, Pegadaian, iForte, Blu by BCA Digital, Bank DBS Indonesia, Primaya Hospital, Polytron, Astra BMW, Artha Graha Peduli, dan Neta. Sementara itu, sejumlah ecopreneur yang berpartisipasi, di antaranya Waste4Change, Demibumi, CarbonEthics, YAGI Natural, PALA Nusantara, Dulang, Fairatmos, Surplus, Ravelware, Allas, dan Alner.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

7 hours ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

8 hours ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

11 hours ago

Sharp Garap Pasar Smartphone di Bali

MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…

21 hours ago

Smartfren Raih CSR & PDB Awards 2024 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

MIX.co.id - Smartfren melalui gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia meraih penghargaan kategori perak dalam ajang…

22 hours ago

Catat Kinerja Positif di Q1 2024, Vietjet Patok Pendapatan Transportasi Udara Rp 37,85 Triliun

MIX.co.id - Berhasil mencetak kinerja positif sepanjang kuartal pertama (Q1) 2024, Vietjet mematok pertumbuhan tinggi…

22 hours ago