Menghadirkan Tiga Inisiatif di Program “Satkaara Berbagi”

Cetta Satkaara bersama Rumah Guru BK (RGBK) berinisiatif menggelar program edukasi trauma healing pasca bencana. Inisiatif ini diwujudkan dalam program Webinar Pelatihan Psikososial dan Trauma Healing Bagi Tenaga Pendidik yang berlangsung pada April 2021.

Program webinar ini diikuti oleh 200 guru terpilih setingkat SD, SMP dan SMA Sederajat di seluruh Indonesia dan menghadirkan pembicara seperti Christina Dumaria Sirumapea M.Psi., Psikolog Klinis Dewasa dan Associate Assessor di TigaGenerasi serta Ana Susanti, M.Pd, Founder RGBK dan Widyaiswara di Kemendikbud RI.

Diungkapkan Co-Founder dan Senior Advisor PT Cetta Satkaara Ruth Andriani, rentetan bencana yang terjadi di Tanah Air belakangan ini membawa keprihatinan dan menggugah rasa kemanusiaan untuk ikut menolong. Sayangnya, bantuan di ranah psikologis masih sering terlupakan, padahal banyak korban yang masih menyisahkan trauma psikis berkepanjangan pasca bencana.

“Sebagian orang berfokus hanya pada luka fisik dan menekankan pentingnya kehadiran bantuan medis saat bencana terjadi. Belum banyak yang memahami bahwa ada luka emosional, terutama pada anak yang sama sakitnya dan butuh perhatian lebih untuk ditangani,” terang Ruth.

Sementara itu, sebagai mitra pelaksana Webinar Pelatihan Psikososial dan Trauma Healing Bagi Tenaga Pendidik, Founder RGBK Dr. Marjuki, M.pd menyambut positif antusiasme dari para guru. Dia berharap webinar ini dapat menjadi wadah awal untuk memfasilitasi pengembangan guru, terutama dalam hal penanganan trauma pasca bencana.

“Para guru telah berada di majelis yang tepat. Melalui keterlibatan di webinar ini, para guru dapat memperoleh banyak manfaat tentang trauma healing bagi para anak didik di wilayah bencana dari para narasumer yang kompeten. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala agar transfer knowledge mengenai trauma healing bisa lebih luas lagi,” harap Marjuki.

Inisiatif sosial lainnya yang digelar Satkaara adalah program Webinar Public Speaking Itu Mudah! yang dilaksanakan pada 11 April 2021 secara virtual melalui platform zoom. Webinar ini diikuti oleh 150 guru SMP dan SMA terpilih dari seluruh Indonesia dan menghadirkan sejumlah narasumber, seperti Ilham Ramdhana, Penyiar Prambors Radio & Founder @belajarradio, serta Iqbal Tawakkal, Brand Manager Prambors Radio.

Di dunia pendidikan, Satkaara juga menggelar program “Program Donasi-Berbagi Buku, Berbagi Masa Depan”. Untuk program ini, Satkaara menggandeng Kargo Baca sebagai penerima donasi yang akan mendisribusikan ke beberapa taman baca di Jabodetabek.

Penggalangan buku donasi ini turut melibatkan para rekan media sebagai mitra utama dari Satkaara. “Melalui program ini telah terkumpul 404 buku donasi bacaan anak usia 5-13 tahun. Penyerahan donasi buku dilakukan di Kampung Buku, Jakarta, bertepatan dengan Hari Buku Internasional pada 23 April 2021,” tutur Ruth.

Lebih jauh ia menegaskan, Satkaara Berbagi yang telah hadir sejak 2012 merupakan implementasi nyata dari nilai care and respect sebagai landasan Satkaara dalam berkarya dan melayani. Pada penyelenggaraan yang ke-9 dan bertajuk Nine Years Of Sharing, Satkaara Berbagi mengkolaborasikan tiga kegiatan, yaitu Webinar Pelatihan Psikososial dan Trauma Healing Bagi Tenaga Pendidik, Webinar Public Speaking Itu Mudah!, dan Program Donasi-Berbagi Buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)