Peringati HPSN, Danone-AQUA Perkuat Komitmen Gerakan #BijakBerplastik

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Danone-AQUA menandatangani  kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terkait pengembangan Bank Sampah Induk.

Selain itu, Danone-AQUA bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan kunjungan secara virtual (virtual tour) untuk mengedukasi publik tentang inisiatif pengelolaan sampah plastik dalam kerangka Gerakan #BijakBerplastik.

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyampaikan bahwa Danone-AQUA merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Bank Sampah Induk untuk mengambil sampah kemasan plastik pasca konsumsi.

Pihaknya ingin terus mendukung kapasitas dan profitabilitas Bank Sampah Induk di Jakarta Barat, Selatan, Timur, Pusat, Utara, serta Kepulauan Seribu.

Kontribusi Bank Sampah dalam memasok botol PET kualitas premium ke Recyling Business Unit (RBU) milik Danone mencapai 218 ton dari total 1.381 ton sampah botol.

“Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi tersebut sehingga pertumbuhan Ekonomi Sirkular dapat tercipta secara berkesinambungan,” ujar Karyanto Wibowo dalam acara virtual tour yang digelar di Jakarta, Selasa (2/2).

Gerakan #BijakBerplastik merupakan wujud komitmen yang berkelanjutan dalam hal partisipasi Danone-AQUA untuk mengelola sampah plastik sekaligus menciptakan model Ekonomi Sirkular yang memberikan nilai tambah ekonomi bagi komunitas yang terlibat.

Danone-AQUA telah menjadi pionir dalam program daur ulang dan pengumpulan kemasan plastik bekas melalui Program AQUA PEDULI (Pengelolaan Daur Ulang Limbah) sejak tahun 1993. Selain itu, Danone-AQUA juga memelopori inovasi kemasan ramah lingkungan dengan memperkenalkan produk kemasan galon sejak 1983 dan memastikan 70% bisnisnya telah sepenuhnya sirkular.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rosa Vivien Ratnawati mendukung gerakan #BijakBerplastik yang diinisiasi Danone-AQUA.

“Saya mengajak produsen yang lain untuk mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh Danone-AQUA sebagai langkah konkrit dari komitmen dan tanggung jawab untuk membantu Pemerintah dalam memberikan solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk menghadapi persoalan-persoalan sampah yang kian menantang di masa depan,” imbau Rosa Vivien.

Berdasarkan data Sustainable Waste Indonesia (SWI), Bank Sampah berkontribusi dalam mengumpulkan 2,7% dari 0,421 juta sampah plastik paska konsumsi. Pemerintah sendiri menargetkan untuk mengurangi sampah 30% dan menangani sampah 70% pada tahun 2025.

Keterlibatan Pemerintah Daerah, dunia usaha, LSM, komunitas, organisasi keagamaan, pelajar dan mahasiswa, organisasi perempuan, serta masyarakat luas sangatlah dibutuhkan untuk mencapai target strategis penanganan sampah di Indonesia. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)