Perkuat Inisiatif Keberlanjutan, Bluebird akan Tambah 1.000 EV di 2025

MIX.co.id - Tidak hanya berfokus pada kenyamanan pelanggan, Bluebird juga berkomitmen dalam mengedepankan prinsip keberlanjutan, antara lain dengan berperan aktif dalam menghadirkan layanan yang berdampak terhadap lingkungan dan sosial.

Dituturkan Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk., pada konferensi pers yang digelar hari ini (6/2), di Jakarta, mobilitas yang relevan saat ini harus sejalan dengan prinsip keberlanjutan. “Tahun 2024 dipenuhi pencapaian yang mampu memperkuat layanan Standar Nyaman Indonesia dari Bluebird. Di tengah upaya ini, kami berhasil memperluas jangkauan inisiatif keberlanjutan yang berdampak positif di bawah pilar BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps," paparnya.

Sejak 2019, Bluebird berhasil mengurangi lebih dari 196.000 ton emisi karbon melalui beberapa inisiatif, seperti peningkatan adopsi armada taksi serta mobil rental CNG dan listrik, termasuk pengoperasian 60 Bus Rapid Transit (BRT) listrik di Medan; perluasan infrastruktur armada listrik dengan 27 titik pengisian daya EV; serta penggunaan panel surya untuk pemanfaatan energi bersih.

Selain itu, Bluebird mendukung pemberdayaan lebih dari 69.000 penerima beasiswa, Kartini Bluebird, termasuk program Kawan Bluebird untuk menggandeng taksi lokal. Keberlanjutan perusahaan juga tercermin dalam tata kelola yang solid, dengan penghargaan yang diraih dan transparansi laporan tahunan.

Pada kesempatan yang sama, dikatakan Andrew Arristianto, Chief Strategy Officer PT Blue Bird Tbk., “Kebutuhan masyarakat akan transportasi berkelanjutan terus berkembang dan menjadi preferensi standar mereka. Untuk itu, tahun ini, kami siap melanjutkan perjalanan dengan langkah yang lebih besar melalui peningkatan inovasi digital, ekspansi layanan armada listrik, serta memperluas kolaborasi strategis untuk menghasilkan dampak yang lebih signifikan.”

Untuk memperkuat inisiatif keberlanjutan di 2025, Bluebird akan menghadirkan fitur pemesanan kendaraan listrik (EV) di aplikasi MyBluebird, untuk mempermudah akses pelanggan terhadap transportasi yang lebih ramah lingkungan. Inovasi ini didukung dengan rencana penambahan armada EV hingga 1.000 unit untuk mempercepat transisi menuju transportasi rendah emisi.

Selain itu, Bluebird akan memperluas layanan kendaraan listrik ke lebih banyak kota, seiring dengan perkembangan infrastruktur dan regulasi yang mendukung, termasuk layanan BRT. Hal ini guna mempermudah akses masyarakat ke transportasi umum berbasis energi bersih di berbagai daerah. Bluebird juga terus membuka kemitraan strategis dengan berbagai pihak, termasuk penyedia infrastruktur energi bersih, mitra yang berfokus pada pemberdayaan sosial dan ekonomi, serta pemerintahan.

Sementara itu, Angga Adhitya Fritz Aradhana, SVP of Business Growth & Partnerships Rekosistem, salah satu mitra keberlanjutan Bluebird di bidang ekonomi sirkular, mengungkapkan bahwa keberlanjutan bukan hanya tanggung jawab satu pihak, tetapi hasil dari sinergi berbagai sektor.

“Kolaborasi strategis, seperti yang dilakukan bersama Bluebird, memungkinkan kita menciptakan solusi nyata untuk mobilitas dan ekosistem yang lebih lestari, bersih serta minim emisi. Dengan menggabungkan inovasi, infrastruktur, dan komitmen bersama, kita dapat mempercepat transisi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.”
Dengan konsisten memperkuat 3 pilar keberlanjutan bersama seluruh partner, Bluebird akan terus menjadi bagian perubahan untuk mobilitas yang lebih inklusif dan menciptakan #SetiapKilometerBerarti," tutup Angga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)