PGN Gelar Employee Voluntary Program di Desa Binaan di Batam

MIX.co.id - Tahun ini, PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) menghadirkan inisiatif “Desa Binaan PGN” di wilayah Kelurahan Tembesi, Batam. Dalam rangkaian inisiatif tersebut, PGN melibatkan karyawan sebagai sukarelawan (Employee Voluntary Program). Mereka dilibatkan untuk menanam 2.000 mangrove di pulau Lance, Kecamatan Sagulung, dan sosialisasi gas bumi di SMKN 1 Batam di Kecamatan Batu Aji Batam.

Tanam Mangrove dan sosialisasi gas bumi ini sebagai wujud kepedulian PGN di bidang Environment Social and Governance (ESG), khususnya pada aspek lingkungan dan sosial. Penanaman Mangrove selain sebagai perwujudan perusahaan dalam penanganan perubahan iklim, diharapkan juga membantu masyarakat dalam menumbuhkan daya tarik pariwisata di Pulau Lance yang saat ini sedang dikembangkan.

Employee Voluntary Program (EVP) ini dipimpin oleh Divisi CSR serta melibatkan fungsi dan anak perusahaan yang berada di area Batam. Bentuk kegiatan EVP tersebut adalah sosialisasi gas bumi dan penanaman mangrove, yang dihadiri oleh Lurah Tembesi, CSR Manager, Sales Area Head Batam, Perwira PGN Group, serta para guru dan siswa di SMKN 1 Batam.

Diungkapkan Anak Agung Raka Haryana, Division Head CSR PGN, kegiatan Employee Voluntary Program ini merupakan langkah PGN dalam mengajak perwira PGN untuk dapat turun langsung di masyarakat guna mensosialisasikan perusahaan dan mengabdikan diri di masyarakat agar kelak dapat meningkatkan kinerjanya di kantor sekaligus merupakan langkah PGN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

“Melalui kegiatan EVP ini, kami ingin mensosialisasikan keberadaan perusahaan sekaligus wujud nyata perusahaan dalam menjawab tantangan perubahan iklim sekaligus membantu masyarakat di Pulau Lance dalam menghadapi abrasi dan mengembangkan pariwisata. Jadi, dengan melakukan kegiatan ini diharapkan guru dan SMK mengetahui PGN dan manfaat gas bumi serta kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan dapat membantu penanganan iklim, abrasi dan pengembangan pariwisata,” ucapnya.

Selain melakukan kegiatan EVP, PGN juga terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan melalui program Desa Binaan PGN. Di Kelurahan Tembesi, pengembangan masyarakat dilakukan di tiga lokasi, yaitu di Tembesi Tower, Kampung Tanjung Gundap, dan Pulau Lance.

Lebih jauh ia menjelaskan, program Desa Binaan PGN telah digelar sejak 2016 di sekitar wilayah operasional PGN, terutama di Desa/Kelurahan sekitar Offtake Station PGN. Pada tahap awal, PGN telah mengembangkan 4 Desa Binaan yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Tembesi, Batam di sekitar wilayah Offtake Station Panaran; Desa Pagardewa, Muara Enim di sekitar wilayah Offtake Station Pagardewa; Desa Sriminosari, Lampung Timur di sekitar wilayah Offtake Station Labuhan Maringgai; dan Desa Teluk Terate, Serang di sekitar wilayah Offtake Station Bojonegara.

Kegiatan yang dilakukan di desa binaan tersebut antara lain, diawali dengan social mapping untuk mengetahui karakteristik tiap-tiap daerah, termasuk untuk mengetahui kebutuhan dan potensi masyatakat daerah tersebut.

Kemudian, PGN dengan melibatkan masyarakat, bersama-sama membuat kelembagaan masyarakat mulai BUMDES, pembentukan kelompok yang menjadi wadah musyawarah para stakeholder desa/kelurahan termasuk PGN dan penggerak ekonomi desa/kelurahan.

Selain itu, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan dan pendampingan juga diberikan kepada warga untuk dapat menciptakan desa/kelurahan yang mandiri dan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)