MIX.co.id - CPPETINDO dan brand Takari melanjutkan tour edukasi kewirausahaan bertajuk "CPPETINDO FishPreneur" dengan mengunjungi tiga sekolah kejuruan unggulan yang memiliki jurusan perikanan dan kelautan di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada akhir Mei-Juni 2025. Ketiga sekolah itu adalah SMKN 1 Kademangan (Jawa Timur), SMKN 1 Tulungagung (Jawa Timur), dan SMK HKTI Temanggung (Jawa Tengah). Sebelumnya, program serupa sukses digelar di SMKN 36 Jakarta dan SMKN 2 Tangerang.
“Melihat antusias pada event sebelumnya di Tangerang, Takari ingin mendatangi lebih banyak sekolah kejuruan di Indonesia. Visi kami adalah menumbuhkan awareness akan potensi yang ada di industri akuakultur Indonesia, dan bagaimana langkah yang bisa diambil generasi penggerak muda-mudi kita untuk terus menumbuhkannya,” ungkap Brand Manager CPPETINDO Wilda Novayana.
Wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah dipilih sebagai lokasi tour lanjutan CPPETINDO FishPreneur, mengingat kedua daerah ini memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor perikanan hias dan akuakultur. Minat masyarakat terhadap hobi ikan hias di kedua daerah ini juga cukup tinggi, namun masih dibutuhkan lebih banyak sosialisasi tentang peluang bisnis serta inovasi perawatan ikan yang modern dan berkelanjutan, terutama untuk generasi muda.
Kegiatan yang digelar tetap mempertahankan elemen edukatif melalui sesi #TAKARInsights oleh para narasumber kompeten di bidang terkait yang didatangkan khusus dan juga bersama Key Opinion Leaders (KOL). Kompetisi kreatif "Aquascape Battle", serta tantangan digital #ADayWithTakari juga masih menjadi rangkaian program dalam CPPETINDO FishPreneur.
Kompetisi "Aquascape Battle" yang berfokus pada keterampilan siswa dalam merakit dan mendesain akuarium secara kreatif dan estetis, pemilihan jenis ikan, serta mengasah kerjasama tim, akan menawarkan benefit uang hingga sebagai dukungan modal, goodie bag spesial, serta exposure media, serta kesempatan membangun jejaring industri bersama KOL (Key Opinion Leader) yang sudah sukes di bisnis ikan hias untuk para peserta.
“Kami ingin mengajak orang-orang mengembalikan gaung hobi ikan hias di Indonesia, yang semenjak Covid selesai mengalami penurunan market. Ini menjadi tantangan tersendiri menurut kami. Namun ternyata antusias anak-anak muda terlihat sekali. Kami sangat optimis bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak besar bagi siswa SMK," lanjutnya.
Takari dan CPPETINDO merancang program secara terpadu untuk menciptakan ekosistem bisnis yang kuat di bidang perikanan hias dengan melibatkan sekolah-sekolah yang memiliki jurusan relevan seperti perikanan, kelautan, atau agribisnis ikan hias. Harapannya, siswa dapat langsung menerapkan pengetahuan mereka untuk memulai usaha dan turut memajukan industri perikanan nasional. Sekolah bisa mengajukan diri sebagai lokasi selanjutnya untuk pelaksanaan program CPPETINDO FishPreneur.
Sebagai bentuk komitmen jangka panjang, CPPETINDO juga menyiapkan program lanjutan berupa lomba ide bisnis ikan hias setelah rangkaian tour selesai. Program ini akan memberikan dukungan modal serta kerja sama riset pengembangan produk bersama pihak sekolah, menjadikan program CPPETINDO FishPreneur sebagai titik awal karir siswa sebagai entrepreneur muda di bidang akuakultur.
Masyarakat luas bisa turut mengikuti keseruan rangkaian program melalui siaran live TikTok CPPETINDO di @loveyourpetid, serta tentunya memantau melalui unggahan para KOL mulai dari konten edukasi sebelum tour, saat tour berlangsung, hingga informasi menarik lain dari program dan penyelenggara.
Kepala sekolah SMKN 1 Tulungagung Ning Fadlillah, S. E., S. Pd. menyampaikan harapannya terkait industri ikan hias di Indonesia, agar bisa semakin maju, terutama dengan dilibatkannya anak-anak muda yang kreatif dari segi pemasaran, dan desain pengembangan produk di industri akuakultur dan perikanan itu sendiri.
“Saya tertarik sekali karena sesuai dengan apa yang saya dapatkan materi di sekolah, bisa diterapkan dalam kegiatan ini. Menghias aquarium dengan kreativitas untuk menciptakan keindahan dan kealamian, ini menantang dan pengalaman baru untuk saya. Semoga ke depannya makin banyak acara seperti ini untuk mengasah bakat anak muda," kisah salah satu peserta kompetisi Aquascape Battle.