RUMAH BACA TIGARAKSA

The Best Philanthropy Program

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

Perusahaan distribusi consumer goods PT Tigaraksa Satria Tbk (Tigaraksa) berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan anak-anak Indonesia. Hal ini diimplementasikan dengan membentuk rumah baca di sekolah-sekolah dan ruang laktasi di puskesmas atau klinik-klinik yang sejumlah wilayah di Indonesia.

Pada Agustus hingga September 2018 lalu Tigaraksa fokus membuat Rumah Baca Tigaraksa yang dikhususkan pada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, yaitu penyandang disabilitas intelektual.

Perseroan memilih Sekolah Luar Biasa Swakarya (SLB Swakarya) sebagai target penerima kegiatan corporate social initiative dalam hal pembentukan Rumah Baca Tigaraksa, bekerja sama dengan Yayasan Swakarya.

Damayanti Anggraini, Corporate Affairs Division Tigaraksa, menjelaskan selama ini pihaknya banyak membuat rumah baca Tigaraksa di sekolah-sekolah di Indonesia yang dikhususkan untuk anak-anak berkondisi normal tanpa kebutuhan khusus apa pun. “Kali ini Tigaraksa mencoba berbagi ilmu untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang menyandang disabilitas intelektual,” ujarnya.

Di SLB Swakarya, ruangan yang dijadikan rumah baca sebelumnya adalah dapur yang dipakai untuk latihan memasak dan membuat sablon. Ruang tersebut kemudian direnovasi menjadi dua fungsi ruangan, yaitu sebagai ruangan membaca dan ruangan bermain untuk melatih motorik anak-anak. “Kami merenovasi ruangan membaca sedemikian rupa agar anak-anak yang nantinya membaca di dalam Rumah Baca Tigaraksa merasakan kenyamanan, sehingga menunjang minat baca anak-anak tersebut,” imbuh Damayanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)