SiCepat Rangkul Ribuan UMKM melalui Program Sanubari

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Juli 2022 lalu, inisiatif Sanubari (UMKM Siap Bangkit Untuk Negeri) yang digelar SiCepat Ekspres telah berhasil merangkul 2.235 penggiat usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).


Inisiatif tersebut dihadirkan dalam bentuk rangkaian webinar sesi pertama hingga keenam. Rangkaian webinar Sanubari masih akan berlangsung hingga November 2022 mendatang.

Pada rangkaian webinar tersebut, SiCepat berfokus dalam membantu UMKM untuk mempertajam skill bisnis melalui materi digital marketing, antara lain optimalisasi media sosial dan platform eCommerce dalam misi menuju ekosistem digital G20 yang tengah digalakkan pemerintah.

Dari 2.235 peserta yang berpartisipasi pada enam sesi webinar Sanubari, 73% di antaranya merupakan seller online yang telah berjualan di platform eCommerce dan 27% sisanya merupakan masyarakat umum yang berencana memulai bisnis. Para partisipan webinar ini berasal dari berbagai kota di Indonesia di antaranya wilayah Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Sumatera Selatan, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Dituturkan The Kim Hai, Chief Executive Officer SiCepat Ekspres, kolaborasi SiCepat dengan beberapa mentor ahli bidang digital marketing yang dibungkus melalui webinar Sanubari ini diharapkan dapat menjadi ilmu yang berharga bagi rekan UMKM, khususnya untuk bekal migrasi ke ekosistem digital.

“Persaingan pasar yang semakin ketat membuat UMKM harus semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi untuk bisa berkembang,” ia meyakini.

Di samping itu, sejumlah UMKM juga menyampaikan testimoninya setelah mengikuti sesi webinar Sanubari. Aldi Septian Al Qohar, salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam webinar Sanubari mengungkapkan, ’’Webinar ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seller UMKM yang baru memulai bisnis. Banyak ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam bisnis. Terima kasih untuk SiCepat Ekspres yang telah menyelenggarakan webinar ini. Saya harap acara semacam ini bisa terus diadakan untuk mendukung kami UMKM agar terus produktif.’’

Inisiatif Sanubari juga mendukung UMKM melalui rangkaian kegiatan Sanubari Business Plan Competition. Masa periode pendaftaran kompetisi ini dimulai sejak 1 Agustus hingga 18 September 2022 lalu. Saat ini, 23 peserta dari total 50 pendafar yang telah lolos tahap seleksi administrasi tengah mempersiapkan diri untuk mempresentasikan ide bisnisnya di hadapan para juri pada 3-5 Oktober 2022 mendatang.

SiCepat Ekspres juga telah menyiapkan bantuan dana usaha senilai Rp 50 juta bagi 10 peserta terbaik berdasarkan penilaian dewan juri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)