Sinergi Ades, Gojek, dan Waste4Change di Inisiatif "Niat Murni"

Sebagai bagian dari inisiatif "Niat Murni", Ades--merek air minum dalam kemasan yang merupakan bagian dari Coca-Cola Indonesia--memutuskan untuk berkolaborasi dengan Gojek dan Wasta4Change. Melalui kerja sama itu, Gojek dengan layanan GoSend akan mempermudah pengumpulan kemasan plastik botol bekas, untuk kemudian daur ulangnya akan dikelola Waste4Change.

Dijelaskan Mohamad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration Coca-Cola Indonesia, "Ades berkomitmen untuk selalu memastikan kualitas kemurnian airnya. Ades melihat pentingnya keberlanjutan program terhadap lingkungan yang akan berdampak pada kelestarian sumber mata air Ades."

Hal itulah yang mendasari inisiatif Ades untuk bekerja sama dengan Gojek dan Waste 4Change sebagai mitra dalam hal memberikan kembali kepada lingkungan. Ini merupakan upaya Ades untuk mendorong #NiatMurni masyarakat dalam memberikan manfaat positif terhadap lingkungan dengan berpartisipasi melalui cara yang sederhana, yaitu kegiatan pengumpulan plastik botol bekas.

Untuk berpartisipasi dalam inisiatif #NiatMurni ini, lanjutnya, masyarakat dapat membantu memastikan plastik botol bekas diterima dengan baik oleh bank sampah yang dituju dengan meremukkan plastik botol bekas. Selanjutnya, dikumpulkan lalu dipilah dan disimpan dalam kemasan yang rapi serta tertutup rapat sebelum diberikan kepada mitra driver GoSend.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kolaborasi ini juga memberikan nilai ekonomi pada setiap kemasan botol plastik bekas. Setiap 50 kemasan plastik botol bekas--dari merek apapun--yang dikirimkan konsumen melalui GoSend akan mendapatkan 2.000 poin yang dapat dikonversikan sebesar Rp 20 ribu. Ongkos kirim dari setiap pengiriman sebesar Rp 15 ribu. "Pengumpulan poin kemudian dapat ditukarkan dengan token PLN, Pulsa, ataupun saldo GoPay," ujar Rezki.

Pada tahap awal, Sinergi #NiatMurni Ades dan Gojek akan berjalan selama tiga bulan, yang dimulai pada hari ini (31/10). Selama tiga bulan itu, lanjut Rezki, "Kami akan meninjau proses collection serta perubahan perilaku sudut pandang masyarakat dalam melihat kemasan plastik botol bekas."

Junaidi, Head of Logistic Gojek, menerangkan, "Kami sangat mendukung dan menyambut baik kolaborasi bersama Ades dan Waste4Change. Hal ini sejalan dengan GoGreener, yaitu inisiatif dari Gojek yang bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Kami yakin inisiatif #NiatMurni serta GoGreener akan mendorong gaya hidup lebih ramah lingkungan."

Ditambahkan Mohamad Bijaksana Junerosano, Founder and Managing Director Waste4Change, "Peran aktif dari konsumen untuk berperilaku lebih bijaksana dalam penanganan sampah sangat diperlukan. Kami hadir untuk mendukung Sinergi #NiatMurni ini melalui sistem Waste4Change yang dapat menghubungkan konsumen dan pengguna aplikasi Gojek dengan para mitra daur ulang. Melalui kolaborasi ini, kami ingin memberikan kanal alternatif bagi masyarakat untuk mengumpulkan plastik botol bekas."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)