TELKOMSEL PATRIOT DESA DIGITAL

Best of the Best Social Marketing

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

Inisiatif sosial perusahaan bertajuk “Patriot Desa Digital” digelar Telkomsel pada tahun ini di lima kota, yakni Bandung, Bogor, Surabaya, Medan, dan Makassar. Objektif dari program tersebut adalah untuk mengembangkan potensi warga desa atau pinggir kota kecil di usia muda (yang nantinya disebut Patriot) sebagai katalisator perubahan ekonomi secara digital, guna memaksimalkan potensi wilayahnya. Pada akhirnya, program ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem digital yang positif dan produktif.

Melalui program Patriot Desa Digital, Telkomsel ingin membentuk komunitas yang berkualitas di wilayah pedesaan untuk memberikan pendidikian digital guna pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat. Dampaknya, akan banyak local hero sebagai Patriot yang melek teknologi, menciptakan lapangan kerja baru di era digital, serta membantu bisnis masyarakat maupun pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Program Patriot Desa Digital secara khsusus juga ditujukan bagi BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), UMKM, BMT melalui edukasi literasi digital. Dalam mengimplementasikan program Patriot Desa Digital, Telkomsel melibatkan lembaga keuangan non-bank, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS).

Sejumlah aktivitas dalam program Patriot Desa Digital antara lain seminar, workshop, asistensi dan monitoring, sampai ke evaluasi dan implementasinya kepada 750 Patriot Desa Digital yang berasal dari 250 desa di seluruh Indonesia serta 50 BMT. Program ini dimulai sejak April hingga Desember 2019.

Pada program seminar dan talkshow, Telkomsel memilih tema pemberdayaan ekonomi desa dengan teknologi, yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat desa tentang pemanfaatan produk dan aplikasi dalam mengembangkan ekonomi digital, serta membangun semangat meraih kesuksesan di usia muda di era digital.

Kegiatan seminar tersebut berlangsung selama sehari dan telah mengakomodasi 300 peserta dari kalangan masyarakat desa sasaran. Selanjutnya, mereka diseleksi untuk mendapatkan 150 Patriot Desa Digital di setiap Kota penyelenggaraan. Para Patriot Desa Digital yang telah terpilih akan mengikuti berbagai pelatihan, berupa workshop Training of Trainer yang berisi aktivitas Focus Discussion Group dan pendalaman materi mengenai digital marketing, fitur aplikasi, role play, serta pembentukan online forum sebagai sarana komunikasi dan informasi.

Selain itu, para Patriot Desa Digital akan diberikan asistensi dan monitoring secara online dan visitasi berkala selama 6 bulan terkait problem solver, tips marketing, dan juga forum diskusi termasuk evaluasi.

Untuk mengeksekusi kegiatan tersebut, Telkomsel bekerja sama dengan Mobisaria, yang merupakan sebuah platform digital yang menghubungkan antara masyarakat pedesaan dengan institusi keuangan, pasar, serta bisnis modern. Mobisaria dikenal sebagai platform digital yang memanfaatkan tiga pondasi ekonomi desa, yaitu Koperasi/BMT, pesantren, dan rumah tangga.

Program Patriot Desa Digital diawali di Bandung, pada April 2019. Program yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dinilai sejalan dengan visi Jawa Barat sebagai provinsi digital yang fokus pada desa digital. Sebab, desa punya potensi luar biasa kalau disentuh dengan teknologi. Di wilayah Jawa Barat, program Patriot Desa Digital menyasar daerah perbatasan Jawa Barat seperti di wilayah selatan Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)