Corporate Social Initiative

Unilever Segera Luncurkan Refill Station

“Khusus untuk Rinso, kami telah mengoptimalkan kemasan sachet-nya, dengan hasil penurunan sebanyak 120-ton jumlah plastik pada 2018. Secara keseluruhan, kemasan Rinso telah mengurangi penggunaan plastik sebesar 13% per ton produk yang diproduksi (2016-2018) dengan menggunakan pendekatan teknologi material serta optimasi ukuran kemasan,” kata Andriana Widyasari, R&D Manager Homecare Category Unilever Indonesia. Unilever juga, lanjutnya, menggunakan teknologi ChemicalFoamAgent untuk botol Rinso Cair, sehingga dapat mengurangi penggunaan plastik sebanyak 2 ton/tahun (berdasarkan data volume penjualan setahun penuh pada 2018).

“Ke depannya, kami telah merencanakan upaya lain seperti mengubah bentuk kemasan, baik wadah maupun tutupnya, mengoptimalkan ukuran kemasan (ketebalan, ketinggian)–sehingga hanya menggunakan plastik sesuai yang diperlukan, dan menggunakan teknologi semacam foaming—untuk mengurangi berat suatu kemasan,” ujar Andriana seraya menambahkan bahwa upaya ini tidak terbatas untuk produk Rinso, melainkan untuk kemasan produk lainnya.

Bukan hanya Rinso, produk-produk Unilever yang lain juga telah mengurangi penggunaan plastik untuk kemasannya, antara lain mengubah bentuk botol Sunsilk dan tutupnya sehingga dapat mengurangi berat, yang pada akhirnya dapat mengurangi penggunaan plastik sebanyak 582 ton/tahun (2016); mengubah bentuk botol Lux dan tutupnya, sehingga menggunakan plastik 55% lebih sedikit dari desain kemasan sebelumnya (2013); mengubah bentuk botol Clear Shampoo dan tutupnya, serta menggunakan plastik yang lebih ringan dibandingkan desain sebelumnya, sehingga dapat mengurangi penggunaan plastik sebanyak 60 ton/tahun (2018); mengoptimalkan berat salah satu komponen Rexona/Dove roll on sehingga dapat mengurangi plastik sebesar 85 ton/tahun (2018); mengubah bentuk kemasan Pond’s Moisturizer sehingga bisa menurunkan penggunaan plastik sebanyak 36 ton/tahun (2016); mengurangi ketebalan kemasan sachet dan kemasan 450ml 900ml Molto,Sunlight, Superpell sehingga bisa menurunkan pemakaian plastik sebesar 355 ton /tahun (2018); dan menghilangkan kantong lanjutan pada kemasan sachet Wipol & Molto sachet 10ml, sehingga bisa mengurangi 34,1 ton plastik/tahun.

Dalam kerangka kerja ‘better plastics’, menurut Andriana, Unilever terus menerus mengembangkan kemasan plastik yang dipakai agar dapat didaur ulang dan juga menggunakan materi plastik daur ulang dalam kemasan produk-produknya.

Dia menegaskan bahwa Unilever memiliki roadmap yang jelas untuk kedua hal di atas, baik untuk kemasan jenis rigid plastic maupun flexible plastic (misal plastik kemasan sachet, pouch).

Khusus untuk Rinso, kami telah melakukan hal-hal berikut ini, yaitu meluncurkan kembali kemasan Rinso Liquid botol 1-liter dan Rinso Matic 2,7 liter yang menggunakan 100% plastik daur ulang (rHDPE) pada tahun ini dan melakukan uji coba penggunaan plastik daur ulang dari pabrik CreaSolv® kami untuk kemasan plastik fleksibel,” katanya.

Inisiatif di Rantai Tengah

Kerangka kerja less plastic, better plastics dan no plastics merupakan upaya Unilever untuk lebih bijak dalam menggunakan plastik di bagian hulu atau saat perusahaan global ini merancang produk dan kemasan. Sementara di rantai tengah, Unilever melakukan edukasi dan pengumpulan sampah plastik kemasannya untuk didaur ulang. “Jadi di bagian tengah, yaitu saat produk kami dimanfaatkan oleh konsumen, kami juga melakukan upaya untuk mengurangi dampak sampah kemasan plastik setelah penggunaan produk,” kata Maria “Mia” Dewantini.

Upaya edukasi mengenai bijak menggunakan plastik, menurut Mia, dilakukan melalui program-program ke 12.000 sekolah dan edukasi pemilahan sampah di level rumah tangga sejak 2001 melalui program Green and Clean yang dimulai di Surabaya, dan direplikasi ke 37 kota/kabupaten di 2018. “Sejak 2008 program ini ditingkatkan dengan mengenalkan program bank sampah berbasis komunitas. Hingga saat ini sejumlah 2.816 unit bank sampah telah kami bangun di seluruh Indonesia dan telah mengurangi sebanyak 7.779-ton sampah non-organik.”

Ke depannya, katanya, Unilever berencana melanjutkan pengembangan program Bank Sampah di Indonesia, dengan berfokus pada pengembangan Bank Sampah induk, Bank Sampah sektoral, dan digitalisasi Bank Sampah. “Kami juga telah menginisiasi 84 tempat sampah khusus untuk sampah kemasan plastik fleksibel (77 di Jawa Timur dekat dengan pabrik CreaSolv®, dan 7 lagi di luar Jawa) untuk memastikan terlaksananya ekonomi sirkular.

Inisiatif di Bagian Hilir

Sedangkan di bagian hilir (di rantai paling ujung) atau downstream, yaitu rantai saat kemasan produk dibuang, menurut Mia, Unilever telah melakukan investasi besar dalam mengatasi masalah sampah kemasan plastik, yakni dengan mengembangkan model bisnis baru yang mendukung ekonomi sirkular, yaitu pemanfaatan kembali kemasan yang sudah dipakai menjadi bahan kemasan baru. “Tidak menjadi sampah, sebaliknya menjadi sumber bahan baku. Salah satunya melalui inovasi teknologi CreaSolv® teknologi pertama di dunia yang bisa mendaur ulang sampah kemasan plastik yang berlapis-lapis (sachet dan pouch) menjadi kemasan yang baru.”

Dalam konsep ekonomi sirkular, menurut Tri Sabron, Kepala Pabrik CreaSolv Unilever Indonesia, sampah kemasan plastik akan terus didaur ulang menjadi kemasan lagi, dan tidak berakhir di TPA ataupun alam. Dalam skala komersil nanti, katanya, teknologi ini memiliki potensi mengurangi dampak CO2 yang dihasilkan oleh setiap 7.800-ton per tahun di tiap unit operasinya, setara dengan 8.200-ton plastik fleksibel.

Dalam kerangka inisiatif di rantai hiliri pula, menurut Mia, Unilever bekerja sama dengan pemerintah dan industri untuk mendorong penerapan konsep ekonomi sirkular untuk kemasan plastik, salah satunya melalui program Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE).

Page: 1 2Lihat Semua

Lis Hendriani

Recent Posts

Percepat Fase Pertumbuhan, MMSGI Terapkan Workday HCM

MIX.co.id – Workday, Inc (NASDAQ: WDAY), penyedia solusi untuk membantu organisasi mengelola sumber daya manusia…

11 hours ago

Sharp Hydro Heroes, Program Kewirausahaan Bidang Pertanian untuk Anak Muda Indonesia

MIX.co.id - Data yang dilansir oleh Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI, jumlah…

22 hours ago

Pameran Konstruksi Indonesia 2024 di ICE BSD Targetkan 15 Ribu Pengunjung

Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum Dody…

1 day ago

Atasi Kebocoran, Aquaproof Luncurkan Conseal

MIX.co.id – Aquaproo, pelopor cat pelapis anti bocor (waterproofing) di Indonesia, di usianya ke-40 tahun…

1 day ago

BNI Sekuritas – Tomoro Coffee – BEI Gelar SPM bagi Milenial dan GenZ

MIX.co.id – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas), berkolaborasi dengan Tomoro Coffee dan Bursa Efek Indonesia…

1 day ago

HERA Luncurkan Platform Layanan Pelanggan Berbasis AI

MIX.co.id – HERA, platform kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generasi baru, mengumumkan peluncuran solusi inovatifnya yang…

1 day ago