APMF 2014 - Mobile, Raja Baru Pemasaran di Asia Tenggara

Pernahkah anda membayangkan seberapa besar jumlah pengguna internet di Asia Tenggara? Sebuah laporan mengenai media yang dirilis oleh E-Marketers pada tahun 2012 silam mencatat, 1 miliar orang di kawasan Asia merupakan pengguna internet.

Fharis Abouhamad Fharis Abouhamad

Menurut Chairman and World President IAA Global Fharis Abouhamad, jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 1,4 miliar orang pada tahun 2016 mendatang.

Tentu saja, evolusi teknologi berdampak pada besarnya kebutuhan informasi. "Basis konsumen pun bergeser secara signifikan. Perubahan ini terlihat jelas di Asia Tenggara, dimana pengguna internet sangat besar jumlahnya," kata Fharis pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014, Jumat (19/9/2014).

Dengan demikian, komunikasi pemasaran pun berubah secara signfikan. Munculnya situs pencari Google dan ragam media sosial mendorong pemasaran menggunakan sarana-sarana tersebut. Sebab, pasar pun sangat besar dan potensial.

"Sekitar 50 persen warga Malaysia tersambung internet, 25 juta warga Thailand dan 33 juta di Filipina merupakan pengguna internet. 40 persen waktu yang dimiliki warga Filipina dihabiskan untuk mengakses media sosial," jelas Fharis.

Kondisi yang terjadi di Indonesia diakuinya lebih menarik. Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar kedua dunia. Tahun 2013 Jakarta mencatat rekor sebagai ibukota Twitter. "Dengan 2,3 persen tweet dari total 10 miliar tweet per hari berasal dari Indonesia. 23 juta warga Indonesia online," jelas Fharis.

Besarnya potensi pengguna internet dan media sosial tersebut mendorong perubahan cara memasarkan produk. "Ini mendorong pemasaran secara kontekstual. Kita melihat ada raja baru di Asia Tenggara, (yaitu) mobile," kata Fharis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)