Bakal Gantikan Gen Y, Bagaimana Karir.com Menjaring Gen Z?

Setelah generasi Y--generasi kelahiran tahun 1981-1995--kini giliran generasi Z (Gen Z) yang bakal menjadi market masa depan bagi para pengelola merek. Generasi kelahiran tahun 1995 ke atas yang kerapkali disebut generasi millenial itu tumbuh di tengah transisi perkembangan teknologi. Tak mengherankan, jika generasi Z jauh lebih tech savvy alias lebih melek teknologi dibandingkan generasi Y.

Karir.com

Gen Z juga dikenal sebagai generasi yang lebih matang, aktif kerja sosial, peduli terhadap lingkungan, tumbuh dalam akulturasi ras dan gender, lebih ingin menciptakan (create) ketimbang berbagi (sharing), lebih percaya diri, berorientasi pada kesuksesan, dan kebenaran kelompok (collective conscience).

Dalam beberapa tahun ke depan, dunia pekerjaan di Indonesia bakal dipenuhi oleh para pekerja yang berasal dari generasi Z. Itu sebabnya, Karir.com sebagai portal karir pertama di Indonesia dengan 1,3 juta qualified resume database-nya, mencoba mendekati Gen Z lewat program Management Trainee (MT) Academy. Apalagi, Karir.com juga memiliki 10.000 kandidat Gen Z.

Dijelaskan CEO Karir.com Dino Martin, "Program MT Academy berfokus pada development, communication, business motivation, analytical, dan entrepreneurial skill untuk generasi Z. Program reguler ini akan menjaring talenta terbaik lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri yang memenuhi kriteria masuk dalam program Management Trainee untuk perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia."

Pada tahun pertamanya, MT Academy siap menjaring talenta terbaik di bidang sales, marketing, dan finance. Selanjutnya, di tahun kedua, akan direkrut kandidat dari sekolah bidang teknik dan psikologi. Ditambahkan Dino, saat ini Karir.com telah menjaring sejumlah kampus ternama, seperti ITB, IPB, UI, dan Melbourne University, dan sebagainya.

"Perubahan karakteristik dari generasi ke generasi, sejak Generasi Baby Boomers dan Generasi X, menuntut peran Departemen HR yang berubah pula. Dari perannya yang hanya sebagai Personnel Department yang menangani gaji dan benefit, berubah menjadi Strategic HR dan Talent Management yang mampu menghadapi setiap generasi, termasuk Gen Z,” yakin Dino.

Dituturkan Rosy Mentang, Business Development Director Karir.com, program MT Academy merupakan metode yang paling efisien bagi perusahaan dalam menghemat waktu, daya, dan biaya, karena perusahaan dapat meringkas proses rekruitmen, seperti seleksi dari kampus ke kampus untuk merekrut Generasi Z yang terbaik.

“Program MT Academy sejalan dengan komitmen Karir.com sebagai portal pilihan terbaik yang ingin menghubungkan talenta dengan opportunity yang mampu memberi solusi total untuk keperluan rekruitmen dan sumber daya manusia bagi perusahaan,” imbuh Rosy.

Program MT Academy akan dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan jumlah total 200 kandidat per tahun ini lewat penerapan seleksi yang ketat. Kandidat harus melalui berbagai persayaratan, seperti IPK di atas 3,25 dari universitas terkemuka, mengikuti online assessment EFSET (Standard English Test) dan Aptitude, mengikuti wawancara dan Focus Group Discussion, serta terakhir mengikuti case study test (untuk bidang Marketing, Sales, dan Finance).

“Universitas-universitas negeri terbaik telah menyambut baik program ini. Beberapa di antaranya SBM ITB dan UGM. Selain itu, beberapa perusahaan yang telah berkomitmen antara lain berasal dari industri banking, asuransi, FMCG, dan otomotif. Melalui program MT Academy ini, Karir.com terus berusaha menjadi penyedia solusi total untuk rekrutment bagi perusahaan di Indonesia," tutup Rosy.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)