Bidik Petani, Sido Muncul Canangkan Program “Desa Rempah”

Sido Muncul Group adalah perusahaan lokal yang tehitung aktif melakukan berbagai aktivitas markom (marketing komunikasi). Dua kanal komunikasi yang paling sering dimanfaatkan Sido Muncul adalah beriklan di layar televisi dan menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR Sido Muncul di Tangerang Selatan

Program CSR Sido Muncul di Tangerang Selatan

Menariknya, hampir setiap iklan TVC (TV Commercial) brand-brand Sido Muncul selalu berbungkus CSR. Salah satunya, pada Mei 2014 lalu merek minuman Kuku Bima telah meluncurkan iklan baru yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia. Iklan tersebut sebagai wujud kontribusi Sido Muncul dalam mengkomunikasikan sejumlah daerah pariwisata di Indonesia.

Filosofi Sido Muncul untuk dapat bermanfaat bagi Indonesia tak hanya diwujudkan lewat iklan maupun produk. Namun, sejak awal Sido Muncul juga terlihat aktif menggelar program CSR. Paling anyar, akhir November ini (24/11) Sido Muncul menggelar program “Pemeriksaan Mata dan Bantuan Kaca Mata Gratis Bagi Anak-Anak SD”. Wilayah yang dipilih adalah SD-SD di daerah Tangerang Selatan.

Diungkapkan Maria Hidayat, Deputy Marketing Director Sido Muncul, “Program CSR Ini bekerja sama dengan PERDAMI Banten dan Dinas Pendidikan Tangerang Selatan. Tak kurang dari 300-an anak SD se-Tangerang Selatan mengikuti program ini. Lewat program ini, kami berharap dapat membantu deteksi sejak dini. Jikalau ada gangguan penglihatan pada anak, dapat segera tertangani.”

Sebelumnya, sejak tahun 2011 Sido Muncul juga sudah menggelar aksi sosial dengan menyasar segmen orang tua, yakni berupa operasi katarak gratis. Hingga saat ini, Sido Muncul telah berhasil mengoperasi katarak ke 40 ribu mata, yang pelaksanaannya menggandeng PERDAMI. Selanjutnya, mulai November 2014 hingga Januari 2015, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul telah menggelar pengobatan gratis keliling di 30 titik kota di Pulau Jawa. Termasuk, operasi katarak gratis.

Ditambahkan Nanik, Senior Public Relation Manager Sido Muncul Group, awal November 2014 lalu Sido Muncul baru saja mencanangkan program CSR bertajuk “Desa Rempah”. Sebagai pilot project, program “Desa Rempah” memilih desa yang dekat dengan wilayah pabrik, yakni Desa Gondoriyo, Semarang, Jawa Tengah.

Sido Muncul gelar pemeriksaan mata dan bantuan kacamata gratis untuk anak-anak SD se-Tangerang Selatan

Sido Muncul gelar pemeriksaan mata dan bantuan kacamata gratis untuk anak-anak SD se-Tangerang Selatan

“Program 'Desa Rempah' adalah sustainability program dari Sido Muncul untuk memberdayakan para petani di pedesaan guna mendorong budidaya aneka jenis tanaman rempah. Hasil panen rempah tersebut, nantinya dapat menjadi bahan baku produk-produk Sido Muncul Group. Saat ini, yang sudah dibudidayakan adalah Kayu Ules dan Kunyit,” ungkap Nanik, yang menyebutkan hingga tahun 2015 akan ada 10 desa di Semarang yang akan menjadi sasaran Program Desa Rempah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)